PENGARUH FOOD QUALITY DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BK CAFÉ BATUKARAS PANGANDARAN

irpan maulana, moch Azis Basari, Enjang Nursolih

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada pengaruh food quality dan service quality terhadap kepuasan konsumen bk café batukaras pangandaran. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1] Bagaimana pengaruh food quality terhadap kepuasan konsumen BK Café Batukaras Pangandaran?; 2]Bagaimana pengaruh service quality terhadap kepuasan konsumen BK Café Batukaras Pangandaran?; 3]Bagaimana pengaruh food quality dan service quality terhadap kepuasan konsumen BK Café Batukaras Pangandaran?. Adapun tujuanya yaitu : 1] mengetahui dan menganalisis pengaruh food quality terhadap kepuasan konsumen BK Café Batukaras Pangandaran?; 2]mengetahui dan menganalisis pengaruh service quality terhadap kepuasan konsumen BK Café Batukaras Pangandaran; 3] mengetahui dan menganalisis pengaruh food quality dan service quality terhadap kepuasan konsumen BK Café Batukaras Pangandaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakanan analisis koefisien korelasi, determinasi, regresi sederhana dan uji Hipotesis menggunakan Uji signifikansi (Uji t dan Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa food quality tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai korelasi sebesar 0,007 dan nilai deteminasi sebesar 0,48%; service quality berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai korelasi sebesar 0,25 dan nilai determinasi sebesar 6,25%; food quality dan service quality berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai korelasi sebesar 0,25 dan nilai determinasi sebesar 6,25%.

Full Text:

PDF

References


Adinugraha, A., & Michael, S. 2014. Analisa Pengaruh Kualitas Makanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen D'Cost Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan.

Alma. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Astuty, N. A. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan konsumen pada restauran Menara Gading di Mall Lembuswana. Jurnal Administrasi Bisnis.

Badrudin. 2014. Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Budianti, A. 2015. Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Yogyakarta: Ombak (Anggota IKAPI).

Handoko, T. H. 2011. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Kotler, K. 2012. Marketing Management. Person Education.

Kotler, P. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Liliani, P.2020. Analisis Pengaruh Kualitas Makanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Behavioral Intention Restoran Top Yammie. Jurnal Bina Manajemen, Volume 8 Nomor 2.

Lovelock, & wirtz, J. 2011. Pemasaran Jasa Persepektif Edisi 7. Jakarta: Erlangga.

Malayu, H. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Marsum. 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya. Edisi Empat. Yogyakarta: Andi.

Potter, & Hotchkiss. 2012. Food Science 5th Edition. New York: Chapman dan Hall.

Prasetyo, A. D., & Sunarti. 2020. Pengaruh Kualitas Makanan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Tera Coffee & Resto Bekasi. Jurnal Administrasi Binsis, Volume 78 Nomor 1.

Ronitawati, P., & Simangungsong, D. W. 2016. Analisis Kualitas Makanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Penyelenggaraan Makanan Di Kantin Universitas Esa Unggul. Nutrire Diaita, Volume 8 Nomor 2.

Siregar, S. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif SPSS. Jakarta: Kencana.

Solihin, I. 2009. Corporate Social Responsibility From Charity to SUstainability. Jakarta: Salemba Empat.

Sugianto, J. 2013. Analisa Pengaruh Service Quality, Food Quality dan Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Yung Ho Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1-2.

Sugiharto. 2013. Analisis Pengaruh Strategi DIferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincau Stastion Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1-11.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. 2012. Dasar - dasar manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Umar, H. 2015. Riset Pemasaran dan Perlikau Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Veithzel, R. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.