PENGARUH WORD OF MOUTH DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi pada Konsumen Toko Rabbani Singaparna)

Lisdayanti Lisdayanti, Apri Budianto, Iwan Setiawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya keputusan pembelian konsumen pada produk Rabbani di Toko Rabbani Singaparna yang diakibatkan oleh belum optimalnya pelaksanaan word of mouth serta strategi pemilihan lokasi yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian di Rabbani Singaparna?; 2) Bagaimana pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di Rabbani Singaparna?; 3) Bagaimana pengaruh word of mouth dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Rabbani Singaparna?. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian di Rabbani Singaparna; 2) Pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian di Rabbani Singaparna; 3) Pengaruh word of mouth dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Singaparna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan metode survey. Populasi dalam penelitian adalah jumlah konsumen Rabbani Cabang Singaparna, dari bulan Nopember 2021 sebanyak 135 orang, sampel yang dipilih adalah sebanyak 57 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran angket. Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Word of mouth pada Toko Rabbani Singaparna selama ini adalah sudah baik. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Rabbani Singaparna; 2) Lokasi pada Toko Rabbani Singaparna selama ini adalah sudah strategis. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Rabbani Singaparna; 3) Keputusan pembelian konsumen pada Toko Rabbani Singaparna selama ini adalah tinggi. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan word of mouth dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Rabbani Singaparna. Artinya apabila word of mouth dan strategi pemilihan lokasi sudah baik maka keputusan pembelian konsumen akan meningkat. Kata Kunci: Word of Mouth, Lokasi dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Alma. H. buchari. 2012. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Budianto, A. 2015. Manajemen Pemasaran, Edisi Revisi. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

David. Feed R. 2011. Manajemen Strategi. Konsep. Edisi 12. Jakarta : Salemba Empat

Fandy, Tjiptono, 2014. Pemasaran Jasa. Andi : Yogyakarta.

Ginting, N.F. H.2012. Manajemen Pemasaran, cetakan kedua. Yrama Widya, Bandung.

Hurriyati. Ratih . 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Pemasaran. Bandung : Alfabeta.

Kotler, dan Keller. (2012) Manajemen Pemasaran. Edisi .12. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta : PT. Indeks kelompok Gramedia

Philip & Amstrong. 2014. Principle of Marketing 12 th. Edition. Jilid 1 terjemahan Bob Sabran. Jakarta : Erlangga

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung : Pustaka Setia

Schiffman dan Kanuk. 2012. Perilaku Konsumen. Jakarta. Prentice Hall

Sri Wedari, Enggal. 2011. Word of Mouth sebagai Efek Respon Positif dari Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Pembelian kembali : (Studi Kasus Mahasiswa Sebagai Konsumen Yoghurt Activia. Jakarta . 2011)

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sumardy, 2011. The Power of Word of Mouth Marketing, Jakarta.

Sunyoto, Danang. 2013. Keputusan Pembelian. Jakarta .

Sunyoto, Danang. 2016. Metode Penelitian Akuntansi. Bandung : PT Refika Aditama

Thamrin, Abdullah dan Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Rajagrafindo persada.

Tjiptono. F. 2014. Pemasaran Jasa : Prinsip Penerapan, Penelitian. Yogyakarta : CV. Ardi

Ujang Suwarman. 2011. Perilaku Konsumen .Ghalia Indonesia. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Correspondence Address

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis

Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat

Email : feunigalmanajemen@gmail.com

Contact Person : +6281394946789

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.