PENGARUH NILAI PRODUK DAN BRAND TERHADAP PERTIMBANGAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN (Suatu Studi pada Konsumen Handphone Samsung)
Abdul Hidayat, Aini Kusniawati, Iwan Setiawan
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Nilai Produk dan Brand terhadap Pertimbangan Konsumen dalam Pembelian (Suatu Studi pada Konsumen Handphone Samsung). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana pengaruh nilai produk terhadap pertimbangan konsumen dalam pembelian handphone samsung?; 2) Bagaimana pengaruh brand terhadap pertimbangan konsumen dalam pembelian handphone samsung?; 3) Bagaimana pengaruh nilai produk dan brand terhadap pertimbangan konsumen dalam pembelian handphone samsung? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh nilai produk terhadap pertimbangan konsumen dalam pembelian handphone samsung; 2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand terhadap pertimbangan konsumen dalam pembelian handphone samsung; 3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh nilai produk dan brand terhadap pertimbangan konsumen dalam pembelian handphone samsung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan penelitian deskriptif kuantitatif. Ukuran sampel yang dipilih sebanyak 71 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket atau kuesioner. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Regresi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t)Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Nilai Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertimbangan Konsumen dalam Pembelian pada Horizon Celluler Majenang dengan hasil korelasi sebesar 0,198 atau memiliki tingkat hubungan sangat lemah dan tingkat pengaruh sebesar 3,92%. Brand berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertimbangan Konsumen dalam Pembelian pada Horizon Celluler Majenang dengan hasil korelasi sebesar 0,243 atau memiliki tingkat hubungan lemah dan tingkat pengaruh sebesar 5,90%. Nilai Produk dan Brand berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertimbangan Konsumen dalam Pembelian dengan hasil korelasi sebesar 0,304 atau memiliki tingkat hubungan lemah dan tingkat pengaruh sebesar 9,24% . Hipotesis yang diajukan bahwa korelasi dapat dikatakan signifikan apabila f hitung > f tabel.
References
Amin Widada Lestariya, 2008 Studi Perbandingan Smartphone-GPS terhadap Beberapa Tipe GPS Receiver, Jurnal Ilmiah Geomatika.14 (2).
BasuSwastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Ketigabelas. Yogyakarta: Liberty
Doc Morey, Phone Power: Meningkatkan Keefektifan Berkomunikasi di Telepon, Jakarta: PT. Gramedia, 2004
Fajar, Laksana. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu
Gouzali Saydam, 2005 , Teknologi Telekomunikasi: Perkembangan dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta.
Mandagi, A.L.V., Kalangi, J, A, F., Mukuan, D, S, S., 2018. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android di Gerai IT Center Manado. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 6 (4), 54-61
Suroso, Agus. 2010. Faktor-Faktor yang dipertimbangkan dalam Keputusan Pembelian Notebook. JurnalInstitut Teknologi Surabaya
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Correspondence AddressProgram Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis
Jln. R.E. Martadinata no 150, Kabupaten Ciamis - Jawa Barat
Email : feunigalmanajemen@gmail.com
Contact Person : +6281394946789
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.