PENGGUNAAN GAYA BAHASA CAPTION RIDWAN KAMIL DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Puisi)

Elsa Nira Dwi Sundari, H.R. Herdiana, Asep Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini berjudul “Penggunaan Gaya Bahasa Caption Ridwan Kamil dalam Media Sosial Instagram”. Gaya bahasa adalah salah satu sarana penyair untuk menyatakan sesuatu dengan cara tidak langsung dalam mengungkapkan makna. Rumusan masalah pada penelitian ini mengenai penggunaan gaya bahasa apa saja yang terdapat pada caption Ridwan Kamil dalam Media Sosial Instagram, dan bagaimana Implikasi penggunaan gaya bahasa caption Ridwan Kamil dalam media sosial Instagram terhadap bahan ajar. Penelitian ini memilih akun Instagram Ridwan Kamil sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena sesuai dengan objek kajian yaitu berupa kata (tulisan) untuk mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa caption dalam media sosial Instagram. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik Telaah Pustaka, Observasi, Teknik Simak, Teknik Catat, Teknik Analisis. Hasil analisis penggunaan gaya bahasa caption Ridwan Kamil pada akun media sosial Instagram yang berjumlah 20 caption. Penggunaan gaya bahasa perbandingan pada caption Ridwan Kamil dalam akun Media Sosial Instagram, dengan jumlah 20 caption. Terdapat 1 data yang termasuk gaya bahasa perumpaamaan, 2 data yang termasuk  gaya bahasa metafora, 2 data yang termasuk gaya bahasa personifikasi, dan 2 data yang ermasuk gaya bahasa antitesis. Terdapat 5 data yang memuat gaya bahasa pertentangan hiperbola, 1 data yang memuat gaya bahasa litotes, dan 3 data yang memuat gaya bahasa pertentangan oksimoron. Gaya bahasa pertautan meliputi 6 ragam gaya bahasa, yaitu metonimia, sinekdoke, alusi, eufemisme, elipsis, dan gradasi. Pembahasan 3 data yang termasuk gaya bahasa metonimia, 1 data yang termasuk gaya bahasa sinekdoke, dan 2 data yang termasuk gaya bahasa Eufisme. Gaya bahasa perulangan meliputi 3 bentuk ragam gaya bahasa antara lain aliterasi, kiasmus, dan repetisi. 2 data termasuk gaya bahasa aliterasi, 4 data yang termasuk gaya bahasa repetisi. Implikasi penggunaan gaya bahasa caption Ridwan Kamil dalam media sosial Instagram dalam pembelajaran di SMA kelas X, khususnya dalam KD (Kompetensi Dasar) 3.17. Menganalisis unsur pembangun puisi. Bahan ajar yang digunakan adalah handout. Penggunaan media bahan ajar handout ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa .Kata Kunci: Gaya Bahasa, Caption, Instagram, Ridwan Kamil

Keywords


Gaya Bahasa, Caption, Ridwan Kamil

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : Refika Aditama.

Chaer, Abdul. 2013. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nazir, Muhammad, Ph.D. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods) (M. . Sutopo, Ed.). Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.