Nilai Pendidikan Dalam pertunjukan Kesenian Kuda Lumping Di Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap

Fany Ningtias, Sirojul Munir, Andri Noviadi

Abstract


Kesenian merupakan bagian dari budaya yang dikagumi karena keunikan dan keindahannya. Seni adalah hasil karya manusia mengungkapkan keindahan dan merupakan ekspresi jiwa dan budaya penciptanya. Seni dan kebudayaan memiliki hubungan yang saling mempengaruhi satu sama lain, kebudayaan mempengaruhi pandangan terhadap suatu karya seni. Penelitian ini berjudul Nilai Pendidikan dalam Pertunjukan Kesenian Kuda Lumping di Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap yang di latar belakangi oleh nilai Pendidikan dalam pertunjukan kesenian Kuda Lumping, serta bahan ajar yang kurang baik pada pembelajaran teks ulasan. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mendeskripsikan nilai pendidikan dalam pertunjukan keseninan kuda Lumping di Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah informan antara lain ketua grup kesenian Kuda Lumping Langen Sekar Budoyo, sesepuh grup kesenian Kuda Lumping Langen Sekar Budoyo, penari Kuda Lumping Langen Sekar Budoyo. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa terdapat nilai Pendidikan dalam pertunjukan kesenian Kuda Lumping yaitu nilai religius, nilai moral, nilai sosial, dan nilai budaya.

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atwi-Suparman, M. 2012. Desain Intruksional Modern. Jakarta : Erlangga.

Driyarkara. 2018.Tentang Pendidikan, Yogyakarta: Page 5. 130. Yayasan Kanisius.

Firdani. 2022. Kesenian Bendrong Lesung Pandeglang. Banten. Skripsi. Jurusan Pendidikan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.