Penggunaan Ragam Bahasa Gaul Pada Kalangan Remaja di Kota Banjar

nissa lusiani, R Hendaryan, Juju Juandi

Abstract


Penelitian ini berjudul “Penggunaan Ragam Bahasa Gaul pada Kalangan Remaja di Kota Banjar”. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristik penggunaan ragam bahasa gaul pada kalangan remaja di Kota Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan data analisis kualitatif dengan teknik yang mengungkap sebuah fakta yang jelas tentang gejala-gejala yang ada pada suatu objek yang ada, tanpa adanya manipulasi. Teknik pengumpulan data yakni dengan cara telaah pustaka, teknik observasi, teknik rekam, teknik catat dan teknik dokumentasi. Setelah data yang berhubungan dengan ragam bahasa gaul terkumpul maka peneliti akan dapat memahami makna kata bahasa gaul kemudian proses pengolahan data dengan cara transkip ke dalam bentuk kalimat, pengelompokan data, dan penyimpulan data hasil analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan ragam bahasa gaul yang digunakan oleh remaja di Kota Banjar lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan alih kode dan campur kode. Hal ini dibuktikan oleh peneliti dalam data yang didapatkan berjumlah 49 kata ragam bahasa gaul dengan persentase 92,5% dan 4 kata  yang menggunakan campur kode dengan persentase 7,5%.  

Keywords


Ragam bahasa gaul, remaja

Full Text:

PDF

References


Ambarmizu. (2013). Peggunaan Bahasa.

https;//ambarmizu2013.wordpress.com/sosiolinguistik-penggunaan-bahasa/: Retrived from.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyana. (2008). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Rembang: Yayasan Adhigama.

Sari, B. P. (2015). Dampak penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja terhadap bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 10 (24), 171-176.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian Pendidikan kuantitatif dan kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.