Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) di Kelas X IPS MA Plus Mandalawangi

Fanny Rahma Utami, Nia Rohayati, Taufik Hidayat

Abstract


Pembelajaran adalah proses interaksi siswa dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Pembelajaran bahasa dibagi menjadi empat keterampilan yaitu menyimak, berbicara, membaca, menulis. Empat keterampilan berbahasa dibagi menjadi dua yaitu keterampilan reseptif dan keterampilan produktif. Ketrampilan menulis dianggap sebagai keterampilan yang paling kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah dan hasil peningkatan penggunaan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu membuat deskripsi, gambaran secara sistematis faktual dan akurat mengenai fajta-fakta. Data diperoleh dengan cara Teknik observasi, dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) langkah-langkah penggunaan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis teks anekdot terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. 2) Model pembelajaran Mind Mapping berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot.

Keywords


Menulis, Teks Anekdot, Mind Mapping

Full Text:

PDF

References


Agustina, Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Anekdot Dengan Menggunakan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas X SMK Swasta Al Ma'shum Kisaran Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, 1, 203. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/

Akhadiah, S.;. (1999). Pembinaan Kemampuan Menulis. Jakarta: Erlangga.

Anggi;. (2021, Januari 20). Apa itu Mind Mapping? Ini Pengertian, Jenis,Manfaat, dan Cara Membuatnya! Retrieved Januari 23, 2023, from accurate.id: https://accurate.id/

Hermawati, R. (2009). Penerapan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Salatiga. Surakarta. Retrieved Januari 23, 2023, from htto://core.ac.uk/

Hermawati, R. (2009, Juni). Penerapan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Salatiga. Universitas Sebelas Maret, 85.

Rajali, Ahmad;. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadahrah, 17, 83-84.

Rijali, Ahmad;. (2018, Juni). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17, 83-84. Retrieved from http://jurnal.uin-antasari.ac.id/

Tarigan, Henry Guntur. (1994). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (1 ed.). Semarang: Penerbit Angkasa Bandung.

Wardani, Zoraya Putri;. (2019). Keterampilan Menulis Teks Anekdot Menggunakan Media Karikatur Sebuah Alternatif Model Pembelajaran Di SMA. Universitas PGRI Semarang, 7.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.