VARIASI BAHASA GAUL NETIZEN DI KOLOM KOMENTAR AKUN INSTAGRAM ARTIS (PUBLIK FIGUR) YANG KONTROVERSIAL (Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Teks Iklan)

Nida Fauziyah, H.R Herdiana, Asep Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik variasi bahasa gaul netizen dalam kolom komentar akun instagram artis (publik figur) yang kontroversial dan mendeskripsikan pengembangan bahan ajar pembelajaran teks iklan. Latar belakang penelitian ini yaitu perkembangan dan penggunaan bahasa gaul atau slang di tengah-tengah kebebasan dalam berkomunikasi di media sosial menjadi perhatian pengamat bahasa. Kehawatiran tersebut muncul karena yang memakai bahasa gaul atau slang sangat bervariasi seperti dalam berkomentar di instagram. Pengguna bahasa gaul dalam masyarakat luas di Indonesia dapat salah penafsiran jika tidak paham mengenai makna atau maksud dari bahasa gaul tersebut. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan kata dan kalimat di kolom komentar instagram artis (publik figur) yang kontroversial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik simak, teknik catat, teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yakni pengumpulan data, reduksi data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa variasi bahasa gaul dari 45 komentar netizen pada 3 akun instagram artis (publik figur) yang kontroversial yaitu akun instagram @arie_kriting, @lestykejora, @pinkan_mambo ditemukan proses pembentukan bahasa gaul dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris karakteristik berupa akronim, perubahan suplesi, perubahan bunyi secara keseluruhan, perubahan vokal dan konsonan. Peneliti juga menemukan 1 karakteristik bahasa gaul baru dari 3 data yaitu berupa penambahan konsonan dan variasi bahasa gaul dapat diterapkan pada pengembangan pembelajaran bahan ajar teks iklan dengan menggunakan model bahan ajar handout.

Keywords


variasi bahasa gaul, netizen, instagram.

Full Text:

PDF

References


Atmoko Dwi, Bambang. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Chaer, Abdul. dan Agustina, Leoni. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Karnida. (2021). Analisis Penggunaan Bahasa Gaul Dalam Media Sosial Facebook Pada Mahasiswa Universitas Bina Bangsa Getesempena. 2 (2), 6.

KBBI. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online). https://kbbi.web.id/. Diakses (24 Maret 2023).

Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Mailani, Okarisma. et al. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Kampret. (online). 1 (2), 2-9.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&A. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.