SOSIOLOGI SASTRA DALAM KUMPULAN CERPEN 11.11 KARYA FIERSA BESARI

Joni asep Setiawan, Nia Rohayati, Asep Hidayatullah

Abstract


Belakangan ini terjadi berbagai ketimpangan sosial di masyarakat berhubungan dengan kondisi sosial yang dialami oleh masyarakat itu sendiri. Pendekatan sosiologi sastra memandang sastra sebagai pencerminan kehidupan masyarakat atau cerminan kenyataan dan bukan sebagai kenyataan atau peristiwa yang benar-benar terjadi juga sebagai sarana kritik dalam kehidupan sosial. Tujuan penelitian ini yaitu (a) Membahas sosiologi sastra yang terkandung dalam kumpulan cerpen 11:11 karya Fiersa Bersari. (b) Membahas bagaimana bahan ajar pembelajaran cerpen berdasarkan sosiologi sastra yang terkandung dalam kumpulan cerpen 11:11 karya Fiersa Bersari. Metode yang dipilih adalah metode penelitian kualitatif dengan cara mendeskripsikan gambaran fenomena yang terjadi berdasarkan fakta. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kutipan-kutipan yang terdapat dalam kumpulan cerpen 11:11 Karya Fiersa Besari. Melalui proses pengumpulan data dari mulai mengindentifikasi, menjelaskan, menganalisis konteks sosial pengarang, sastra sebagai cermin masyarakat, dan fungsi sosial sastra yang terdapat dalam kumpulan cerpen 11:11 Karya Fiersa Besari yang dibedah menggunakan teori Ian Watt. Hasil penelitian yang dilakukan mengetahui gambaran keadaan sosial yang terjadi di masyarakat dan menghasilkan alternatif bahan ajar yang sesuai dengan KD 3,8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca. Terdapat kesesuaian dengan kriteria yang dibutuhkan untuk alternatif pembelajaran cerpen.

Keywords


Sosiologi Sastra, Kumpulan Cerpen, Bahan Ajar

Full Text:

PDF PDF

References


Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi: sebuah jawaban atas tantangan pendidikan abad-21 dalam konteks keIndonesiaan. Bandung: Refika Aditama.

Damono, Sapardi Djoko, (1978). Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Gasong. D. (2019). Apresiasi Sastra Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Harizadika, Febri, dkk.2012. “Konflik Sosial Dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Bawang dan Lelaki Kayu Karya Ragdi F.Daye”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 1, Nomor 1, hal.355363.

Hikmat. Mahi M. (2011). Metode Penelitian: Dalam persepektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Priyatni, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra Dengan Rancangan Literasi Kritis. Jakarta : Budi Aksara.

Sugiyono. (2014). Metode Peneleitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Yanda, D. &Ramadhanti, D. (2019). Problematika pembelajaran menulis cerpen di sekolah SM-3T. Pena. 9 (1): 1-15. https://onlinejournal.unja.ac.id/pena/article/view/6898 (diakses tanggal 26, Desember 2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.