NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM AVATAR THE WAY OF WATER KARYA JAMES CAMERON

Raden Dewi Pujawati, Sirojul Munir, Andri Noviandi Noviandi

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini berjudul Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Avatar The Way Of Water Karya James Cameron (Alternatif Pengembangan Model Bahan Ajar Menyajikan Tanggapan Tentang Teks Ulasan. Penelitian ini mendeskripsikan permaslahan (1) Bagaimana Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film Avatar The Way Of Water karya James Cameron, (2) Bagaimana bentuk pengembangan bahan ajar yang berkaitan dengan nilai pendidikan karakter dalam menyajikan tanggapan kualitas karya film dalam bentuk teks ulasan secara tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikian nilai-nilai pendidikan karakter dan implementasinya sebagai bahan ajar di SMP. Sumber data penelitian ini berasal dari film Avatar The Way Of Water Karya James Cameron . Data penelitian ini adalah seluruh dialog antar tokoh yang terdapat dalam film. Metode penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada film Avatar The Way Of Water Karya James Cameron mencakup, (1) religius, (2) jujur, (3) toleransi, (4) kerja keras, (5) mandiri, (6) demokratis, (7) rasa ingin tahu, (8) semangat kebangsaan, (9) cinta tanah air, (10) menghargai prestasi , (11) bersahabat/komunikatif, (12) cinta damai, (13) peduli social, (14) tanggung jawab. Kemudian nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Avatar The Way Of Water Karya James Cameron dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar di SMP.  

Keywords


Kata Kunci: Film, Nilai Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsmi. 2017. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarata:Rineka Cipta.

Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Damayanti, Novita. 2014. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak Sejuta Bintang Karya Akmal Nasery Basral dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SMP Negeri 3 Gabus. Jurnal Publikasi.

Danim, Sudarwan. 2010. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Naisonal. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Edisi Kelima. Jakarta: Balai Pustaka

Hendriana, Evina Cinda dan Arnold Jacobus. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikaan Dasar Indonesia. Vol: 1, No. 2:26.

Kurniawan, Syamsul. 2017. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sadiman, Arief S dkk. 2011. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media: Cerdas Bemedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.