PERSONIFIKASI DALAM PUISI PADA AKUN INSTAGRAM @TUKANGPUISIKATAPILAR

Elya Primariz, Syarif Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa personifikasi beserta maknanya yang terdapat pada postingan puisi di akun Instagram @tukangpuisikatapilar. Metode yang digunakan pada penelitian ini  adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang penulis peroleh adalah dari puisi pada postingan akun Instagram @tukangpuisikatapilar. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan cara membaca, memilah, menganalisis, dan menyimpulkan gaya bahasa personifikasi dalam puisi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan sebanyak 20 data gaya bahasa personifikasi pada akun Instagram @tukangpuisikatapilar.

Keywords


Puisi, Personifikasi, Instagram

Full Text:

PDF

References


Hasanah, D. U., Achsani, F., & Akbar Al Aziz, I. S. (2019). ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA PADA PUISI-PUISI KARYA FADLI ZON. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(1), 13. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.8187

Juhairi, I. (2022). ANALISIS GAYA BAHASA PADA AKUN INSTAGRAM @KUMPULAN_PUISI DAN IMPIKASINYA TERHADAP PEMBACA (Vol. 1, Issue 3).

Keraf, Gorys. 2014. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Laila, A. (2016). GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM KUMPULAN PUISI MELIHAT API BEKERJA KARYA M AAN MANSYUR (TINJAUAN STILISTIKA). Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(2). https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i2.842

Ratna, Nyoman Kuta. 2010. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tarigan, H. G. 1985. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Winarti, O. :, Pd, S., & Pd, M. (n.d.). Analisis Makna Gaya Bahasa Personifikasi Puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.