PERSONIFIKASI DALAM PUISI PADA AKUN INSTAGRAM @KUMPULANPUISIKEHIDUPAN

Dewi Rizki Bahari, Syarif Hidayatullah

Abstract


Puisi adalah salah satu cabang sastra yang menggunakan kata-kata sebagai media penyampaian untuk membuahkan ilusi dan imajinasi. Gaya bahasa personifikasi adalah semacam gaya bahasa kiasan yang menggambarkan benda-benda mati atau barang-barang yang tidak bernyawa seolah-olah memiliki sifat kemanusiaan. Penelitian ini yaitu bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna gaya bahasa personifikasi yang digunakan dalam puisi pada akun Instagram @kumpulanpuisikehidupan. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi yaitu dengan cara membaca, memilah, menganalisis, dan menyimpulkan gaya bahasa personifikasi dalam kutipan puisi pada akun Instagram @kumpulanpuisikehidupan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan gaya bahasa personifikasi dalam puisi pada akun Instagram @kumpulanpuisikehidupan yaitu sebanyak 20 data.

Keywords


gaya bahasa personifikasi, puisi, instagram

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2014). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Artika Sari, N., & Saddhono, K. (2014). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA SMP. In Sastra Indonesia dan Pengajarannya (Vol. 3).

Farid Ibnu Wahid, Ilmi Solihat, Irpa Anggriani Wiharja, Goziyah, & Herlina Pratiwi. (2022). ANALISIS GAYA BAHASA PADA POSTINGAN AKUN INSTAGRAM @KUMPULAN_PUISI. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Hasan, A. L., Banna, N., Fadila, H., Silvani, M., Sinaga, B., Sari, L. M., Cerpen, A., Sampan, ", Karya, Z. ", & Al Banna, H. (2020). ANALISIS GAYA BAHASA PERSONIFIKASI PADA CERPEN “SAMPAN ZULAIHA” KARYA.

Hasanah, D. U., Achsani, F., & Akbar Al Aziz, I. S. (2019). ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA PADA PUISI-PUISI KARYA FADLI ZON. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(1), 13. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.8187

Hilwa Giftia, S., & Riyadi, S. (2022). PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM KUMPULAN PUISI PADA AKUN INSTAGRAM PANJIRAMDANA. 5(2), 353–363. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/sbs

Jundi Muhammad, & Kasan Yuslin. (2021). Muhammad Jundi: Gaya dan Makna.

Keraf, G. (2005). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Laila, A. (2016). GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM KUMPULAN PUISI MELIHAT API BEKERJA KARYA M AAN MANSYUR (TINJAUAN STILISTIKA). Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 2(2). https://doi.org/10.22202/jg.2016.v2i2.842

Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i2.11534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.