GAYA BAHASA PADA POSTINGAN AKUN INSTAGRAM @PUISI.LAUT

Cindi Apriolita, Syarif Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami gaya bahasa pada postingan akun Instagram @puisi.laut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik studi pustaka, simak dan catat, serta dokumentasi. Teknik analisis data memakai reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Gaya Bahasa yang terdapat dalam akun Instagram @puisi.laut berbentuk hiperbola, metafora, simile, dan personifikasi.Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada akun Instagram @puisi.laut memiliki 11 temuan. Pada gaya bahasa hiperbola terdapat 7 temuan, pada gaya bahasa metafora terdapat 1 temuan, pada gaya bahasa simile terdapat 1 temuan, pada gaya personifikasi terdapat 2 temuan.

Full Text:

PDF

References


Dian Uswatun Hasanah, e. a. (2019). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Pada Puisi-Puisi Karya Fadli Zon. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, ol. 5, No. 1, April, .

Farid Ibu Wahid, e. a. (2022). Analisis Gaya Bahasa Pada Postingan Akun Instagram @Kumpulan_puisi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 11 No. 2.

Riyadi, S. H. (022). Penggunaan Gaya Bahasa Dalam Kumpulan Puisi Pada Akun Instagram Panji Ramdana. Sebasa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 5 No. 2,.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.