PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENLIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 PANCATENGAH

Olivia Vawina Ina, Taufik Hidayat, Rina Agustini

Abstract


ABSTRAKMata pelajaran Bahasa Indonesia mempunyai nilai yang penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul, handal sejak dini. Dari hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Pancatengah khususnya kompetensi dasar menulis karangan kurang dilaksanakan dengan baik, pembelajarannya cenderung membosankan dan kurang menarik minat siswa.Adapun data hasil organisasi dan bantuan bantuan yang dilakukan pada awal penelitian ditemukan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Pancatengah masih banyak kelemahan diantaranya kurangnya perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru terutama dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia guru kurang mengemas pembelajaran dengan metode, media, teknik yang menarik, menantang dan menyenangkan, guru hanya menyampaikan materi apa adanya (konvensional). Semua hal tersebut mempengaruhi pada hasil belajar siswa. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis Teks Berita di kelas VIII SMP Negeri 3 Pancatengah Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Project Based Learning yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus tindakan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan pembelajaran, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat membantu guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, meningkatkan kualitas proses pembelajaran, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan peningkatan penghakiman pada RPP siklus I mendapat nilai rata-rata 60,71%, dan RPP siklus II mendapat nilai rata-rata 89,8%. Pada proses pembelajaran siklus I mendapat nilai rata-rata 69%, dan proses pembelajaran pada siklus II mendapat nilai rata-rata 88%.Hasil belajar siswa pada siklus I mendapat nilai rata-rata 60,71%, dan hasil belajar siswa pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 77,86%. Hal ini dapat diartikan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar menulis karangan melalui media gambar seri telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. dan hasil belajar siswa pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 77,86%. Hal ini dapat diartikan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar menulis karangan melalui media gambar seri telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. dan hasil belajar siswa pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 77,86%.Hal ini dapat diartikan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar menulis karangan melalui media gambar seri telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.  Kata Kunci : PBL, Menulis Teks Berita, Gambar Seri

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.