Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Scrapbook

Yuni Maulani, Nia Rohayati, Taufik Hidayat

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh anggapan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media yang tepat akan meningkatkan kemampuan belajar siswa. Selama ini sangat jarang pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media. (1.) Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan media scrapbook dalam meningkatan keterampilan menulis karya tulis ilmiah ?, (2.)Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karya tulis ilmiah, siswa kelas 11 RPL SMK Siliwangi AMS Banjarsari setelah digunakan media scrapbook ? Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan desain yang dijalankan oleh peneliti sesuai dengan model Kemmis tagart yang dalam setiap siklusnya menempuh empat tahapan kegiatan, antara lain : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis karya ilmiah dengan menggunakan media scrapbook menjadi meningkat. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata siklus 1 dengan jumlah nilai 73. Sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata yang didapat siswa dengan jumlah 82,12 Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa media scrapbook mampu meningkatkan kemampua siswa dalam menulis karya ilmiah. Media scrapbook jika digunakan dalam pembelajaran, sebaiknya guru memilih media scrapbook untuk menarik perhatian siswa yang akan belajar.Kata Kunci : Menulis Karya Tulis Ilmiah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.