PENGARUH PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 MALANGBONG
Anggit Rengganis, Rina Agustini, Taufuk Hidayat
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Malangbong" Penelitian ini bertujuan untuk : 1)Mendeskripsikan penerapan Ice Breaking pada Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMPN 1 Malangbong.2) mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas VI SMPN 1 Malangbong setelah dilakukan penerapan Ice Breaking.3)mendeskripsikan pengaruh penerapan Ice Breaking terhadap motivasi belajar siswa kela VII SMPN 1 Malangbong. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi, dan dokumentasi Peneliti menggunakan langkah-langkah metode analisis data kuantitatif yaitu 1) Editing (penyuntingan) 2)Koding (pengkodean) 3) Tabulating (tabulasi) Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa. Analisis data menggunakan korelasi sederhana, teknik regresi, yang terdiri dari regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: terdapat hubungan positif antara Ice Breaking dengan Motivasi Belajar siswa kelas VII SMPN 1 Malangbong. Ini berarti bahwa semakin baik penerapan Ice Breaking semakin baik pula Motivasi Belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Ice Breaking terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut diperoleh berdasarkan hasil uji t tingkat signifikan 0,5 diperoleh thitung = 5,055 sedangkan ttabel = 0,584. Kata Kunci: Ice Breaking,Motivasi Belajar
Ibnu Hajar, Dasar-dasar metodologi Kwantitatif dalam pendidikan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,1999)10.
Masripah, “Pengaruh Kegiatan Ice breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa MIS Miftahul Ulum Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon”,Skripsi (Cirebon: Institut Agama Islam IAI