PENGARUH PENERAPAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 MALANGBONG

Anggit Rengganis, Rina Agustini, Taufuk Hidayat

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Malangbong" Penelitian ini bertujuan untuk : 1)Mendeskripsikan penerapan Ice Breaking pada Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMPN 1 Malangbong.2) mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas VI SMPN 1 Malangbong setelah dilakukan penerapan Ice Breaking.3)mendeskripsikan pengaruh penerapan Ice Breaking terhadap motivasi belajar siswa kela VII SMPN 1 Malangbong. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi, dan dokumentasi Peneliti menggunakan langkah-langkah metode analisis data kuantitatif yaitu 1) Editing (penyuntingan) 2)Koding (pengkodean) 3) Tabulating (tabulasi) Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa. Analisis data menggunakan korelasi sederhana, teknik regresi, yang terdiri dari regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: terdapat hubungan positif antara Ice Breaking dengan Motivasi Belajar siswa kelas VII SMPN 1 Malangbong. Ini berarti bahwa semakin baik penerapan Ice Breaking semakin baik pula Motivasi Belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Ice Breaking terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut diperoleh berdasarkan hasil uji t tingkat signifikan 0,5 diperoleh thitung = 5,055 sedangkan ttabel = 0,584. Kata Kunci: Ice Breaking,Motivasi Belajar

Keywords


Ice Breaking,Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad Tanzeh, Pengantar Metode Penelitian (Yogyakarta: Teras, 2009) 69.

Bhuono Agung Nugroho, Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian Dengan SPSS (Yogyakarta: Andi Offset, 2005), 18.

Febrianawati Yusup, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif”, Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 7, No. 1, 18.

Ibnu Hajar, Dasar-dasar metodologi Kwantitatif dalam pendidikan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,1999)10.

Masripah, “Pengaruh Kegiatan Ice breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa MIS Miftahul Ulum Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon”,Skripsi (Cirebon: Institut Agama Islam IAI




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.