NILAI SOSIAL DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI (Model Bahan Ajar Mengidentifikasi Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek)

Daud Darmawan, Nia Rohayati, Sri Mulyani

Abstract


Penelitian ini berjudul “Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerita Pendek Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari (Model Bahan Ajar Mengidentifikasi Nilai Kehidupan dalam Cerita Pendek)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keinginan untuk memahami nilai sosial yang tercermin dari perilaku tokoh tokoh dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin dan adanya permasalahan kurangnya bahan ajar yang membahas tentang unsur intrinsik dari cerpen, khususnya nilai kehidupan yang terdapat dalam cerpen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan (1) nilai sosial dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari (2) model bahan ajar yang berkaitan dengan nilai sosial dalam mengidentifikasi nilai kehidupan pada cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah nilai sosial dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari. ada 13 judul cerpen yang menjadi data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik analisis dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakannya yakni reduksi data dan penyajian. Hasil penelitian nilai sosial dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari ditemukan nilai sosial yaitu nilai pengabdian 1 data, nilai menolong 6 data, nilai kepedulian 6 data, nila rasa memiliki 1 data, nilai disiplin 1 data, nilai empati 1 data, nilai keadilan 1 data, nilai toleransi 1 data dan nilai kerja sama 3 data, nilai kekeluargaan 1 data, nilai kesetiaan 1 data dan nilai demokrasi 1 data. Nilai sosial dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari layak dijadikan sebagai bahan ajar karena sudah memenuhi kriteria bahan ajar yang baik dan ideal yaitu keberadaan isi, penyajian materi, bahasa dan keterbacaan serta bisa dijadikan modul bahan ajar sesuai dengan bahan ajar yang baik. Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan kepada pembaca dan penulis dalam melakukan penelitian selanjutnya. Selain itu penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai bahan ajar karena mengandung pesan yang bisa diterapkan pada kehidupan sehari hari dan juga dapat diterapkan dalam upaya pembentukan karakter peserta didik di sekolah terutama dalam pembelajaran teks cerita pendek.This study is entitled "Social Values in a Collection of Short Stories Smile Karyamin by Ahmad Tohari (Models of Teaching Materials Identifying Life Values in Short Stories)". The background of this research is the desire to understand social values which are reflected in the behavior of the characters in the short story collection Senyum Karyamin and the problem of a lack of teaching materials that discuss the intrinsic elements of short stories, especially the values of life contained in short stories. The purpose of this study is to describe (1) social values in the short story collection of Smile Karyamin by Ahmad Tohari (2) teaching material models related to social values in identifying the values of life in short stories. The method used in this research is descriptive qualitative research method. As for the object of research is the social value in the short story collection Senyum Karyamin by Ahmad Tohari. there are 13 short story titles that become data. Data collection techniques used are literature study techniques, analysis techniques and documentation. The data analysis technique used is data reduction and presentation. The results of research on social values in the collection of short stories Smile Karyamin by Ahmad Tohari found social values, namely the value of devotion 1 data, the value of helping 6 data, the value of caring 6 data, the value of belonging 1 data, the value of discipline 1 data, the value of empathy 1 data, the value of justice 1 data, tolerance value 1 data and cooperation value 3 data, family value 1 data, loyalty value 1 data and democracy value 1 data. Social values in the collection of short stories Smile Karyamin by Ahmad Tohari deserve to be used as teaching materials because they meet the criteria for good and ideal teaching materials, namely the presence of content, presentation of material, language and readability and can be used as teaching material modules in accordance with good teaching materials. Furthermore, the results of this study are expected to be input to readers and writers in conducting further research. In addition, this research can also be used as teaching material because it contains messages that can be applied to everyday life and can also be applied in efforts to shape the character of students at school, especially in learning short story texts.

Keywords


Nilai Sosial, cerpen Senyum Karyamin, bahan ajar, Ahmad Tohari

Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Calista, F. (2017, November 17). Biografi Ahmad Tohari. Sastrawacana.id: https://www.sastrawacana.id/2017/11/biografi-ahmad-tohari-penulis-novel.html Diakses 21 Desember 2022

Elly M. Setiadi, K. A. (2012). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Norminawati, Siti. (2018). Nilai Nilai Sosial Dalam Kumpulan Cerpen BH Karya Emha Ainun Nadjib. Jurnal Pendidikan. Untan

Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Edisi 1. Nobel Edumedia.

Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

S. Sarwono (2018). Analisis Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen Robohnya Surau Kami Karya AA Navis. Jurnal Ilmiah Korpus. Unib

Ramadani. Febri (2018). Nilai Sosial dalam kumpulan Cerpen Berhala Karya Danarto dan Rancangannya di SMA. Jurnal Kata. FKIP.Unila.

Nurgiantoro, B. (2002). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Trisnawati, T. (2018). Analisis Nilai Moral dan Nilai Sosial pada kumpulan cerpen karya Ahmad Tohari sebagai upaya pemilihan bahan pembelajaran pada siswa kelas X SMAN 5 Pandeglang. Universitas Mathla'ul Anwar Banten. Jurnal Artikula, .

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Zubaedi. (2005). Pendidikan Berbasis Masyarakat Upaya Menawarkan Solusi terhadap Berbagai Problem Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendiknas. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Kegiatan Naskah Bahan Kerjasama Informasi dan Publikasi. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional .

Kosasih, E. (2004). Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan . Bandung : Yrama Widya .

Kosasih, E. (2014). Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia . Bandung : Yrama Widya .

Kosasih, E. (2021 ). Pengembangan Bahan Ajar . Jakarta: PT. Bumi Aksara .

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi . Yogyakarta : Gajah Mada University Press .

Nurhayati, E. (2019). Cipta Kreatif Karya Sastra . Bandung : Yrama Widya .




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.