GAYA BAHASA SATIRE DALAM DALAM CHANNEL YOUTUBE ROCKY GERUNG OFFICIAL (Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Puisi KD 4.17 Kelas X

Ilmiawan Ilham, Nia Rohayati, Herdiana Herdiana

Abstract


Penelitian ini berjudul Gaya Bahasa satire dalam channel Youtube Rocky Gerung Official. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan gaya bahasa satire apa saja yang terdapat pada konten tersebut dan implikasi terhadap pengembangan bahan ajar pada KD.4.17 sehingga pendidik dituntut untuk memilih dan menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan keriterianya. Berdasarkan hal tersebut, konten youtube channel Rocky Gerung diharapkan bisa menjadi bahan ajar yang sesuai dengan kriteria bahan ajar dengan mengkaji tentang gaya bahasa satire dalam konten tersebut sebagai alternatif bahan pembelajaran dalam menelan unsur dari konten youtube channe, Rocky Gerung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat dalam konten youtube channel Rocky Gerung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, karena penulis ingin mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat pada konten youtube channel Rocky Gerung. Objek dalam penelitian ini adalah gaya bahasa dalam konten youtube channel Rocky Gerung. Sumber  yang digunakan yaitu channel youtube Rocky Gerung Official, sedangkan  penelitian ini yaitu berupa contoh contoh kata satire yang dikomunikasikan oleh Rocky Gerung dalam konen youtub channel Rocky Gerung Official. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian adlah teknik telaah pustaka, teknik analisis dan teknik dokumentasi. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan gaya bahasa pada konten channel Youtube Rocky Gerung terdapat dua gaya Bahasa satire yaitu 1). Satire Horatian yang memiliki makna sebagai kata sindiran yang digunakan untuk menyindir dengan halus dan tidak menyinggung pihak yang di sindir, 2). Gaya Bahasa satire Juvenalian yang memiliki makna sebagai gaya Bahasa sindiran untuk menyindir dengan keras dan mempermalukan supaya dapat membuat pihak yang di sindir berpikir.Kata Kunci: Rocky Gerung, Gaya Bahasa, Satire, Horatian, Juvenalian.

Keywords


Kata Kunci: Rocky Gerung, Gaya Bahasa, Satire, Horatian, Juvenalian.

Full Text:

PDF

References


Awal, Muhammad Robiul. (2021). Satire dalam Program Acara Talk Show Mata Najwa ( Analisis Isi Pada Tayangan Mata Najwa “ Kiamat Pemberantas koropsi” di Trans7”. Skripsi. Palembang : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Edhi, Narendrari Asrining. (2020). Gaya Bahasa Satire dalam Film Er Ist Wieder Da Karya David Wnendt. Hlm.48-56.

Eribka, dkk (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. E-journal “ Acta Diurna”. VI(1):3-8.

Faqiah, dkk. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makasarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA. 5(2):260.

Keraf, Gorys. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT : Gramedia Pustaka Utama.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nouval, S. (2023). Oportunis: Mengenali Pengertian Hingga Ciri-Ciri Orang Oportunis. Retrieved from GramediaBlog: https://www.gramedia.com/literasi/oportunis-adalah/

Nurhidayat, Koko Keumala. (2016). Analisis Gaya Bahasa Satire dan Pesan Pada Rubrik Lincak Surat Kabar Harian Solopos. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Permendikbud No. 37 tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pembelajaran Kurikulum 2013.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Darma University Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, Henry Guntur. (2021). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung. PT : CV Angk

Thabroni, Gamal. (2022). Satire- Pengertian dan Contoh Menurut Pendapat Para Ahli (Online). (https://serupa.id/satire-pengeritan-dan-contoh-para-ahli/). (diakses 17 Desember 2022)

Universitas123. (2022). Apa Saja Komponen Bahan Ajar yang Harus Dipahami Tenaga Pendidik. https://www.universitas123.com/news/komponen-bahan- ajar-yang-harus-dipahami-tenaga-pendidik. Diakses pada 8 Februari 2023.

Widyaningtyas Reviandari, dkk. Jenis-jenis Bahan Ajar. E-Learning “ Universitas Langlangbuana”. I (2) : 1-7.

Wicaksono, Bayu Aji. (2017). Pengembangan Bahan Ajar. Program Pasca Sarjana.

Purwokerto : Universitas Muhammadiyah Purwokerto




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.11956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.