DINAMIKA SOSIAL URBAN DALAM CERPEN ANAK INI MAU MENGENCINGI JAKARTA? KARYA AHMAD TOHARI: ANTROPOLOGI SASTRA

Atik Azzahra Nurfadillah

Abstract


Penelitian ini berjudul “Dinamika Sosial Urban dalam Cerpen Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta? Karya Ahmad Tohari: Antropologi Sastra”. Latar belakang dalam penelitian ini adalah menganalisis bentuk-bentuk dinamika sosial masyarakat urban khususnya di ibu kota Jakarta, melalui cerpen karya Ahmad Tohari yang mendapat anugerah terbaik Kompas tahun 2015. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana wujud dari dinamika sosial urban dalam cerpen “AIMMJ?” Karya Ahmad Tohari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dinamika sosial urban masyarakat ibu kota Jakarta yang ditemukan dalam cerpen “AIMMJ?’ yang ditinjau melalui kajian teori antropologi sastra. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka, kemudian menganalisis secara lanjut data-data yang telah ditemukan. Pendekatan kajian antropologi sastra digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian, sehingga telah ditemukan bahwa hasil penelitian terhadap dinamika sosial urban dalam cerpen “AIMMJ?” Karya Ahmad Tohari dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Analisis kebiasaan urban, meliputi temuan-temuan dalam cerpen yang memberikan wawasan mendalam tentang dinamika kehidupan urban yakni gaya pakaian  (fashion) dan adab. (2) Kajian antropologi sastra, meliputi nilai-nilai lokal yang terkandung dalam cerpen. (3) Refleksi nilai-nilai positif, yakni kerjasama, toleransi, atau kepedulian terhadap lingkungan, untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada generasi muda. Adanya temuan-temuan dalam cerpen tersebut dapat dijadikan sebagai acuan pembelajaran kepada generasi muda untuk merangsang pemikiran kritis terhadap dinamika sosial masyarakat modern di ibu kota melalui kajian antropologi sastra.

Keywords


Cerpen; Dinamika Sosial; Antropologi Sastra

Full Text:

PDF

References


Fadhilah, F., & Yuliah, E. (2023). Prospek Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Adab Peserta Didik. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 33(2), 83-91.

Febriani, A. F., Rakhmawati, A., & Anindyarini, A. (2019). Diksi Dan Gaya Bahasa Pada Cerpen ‘Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta?’Dan Relevansinya Dengan Materi Ajar Di Sma. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 85-93.

Husyein, S. (2015). Antropologi Jilboob: Politik Identitas, Life Style, dan Syariah. Right: Jurnal Agama Dan Hak Azazi Manusia, 4(2).

Nuroh, E.Z. (2011) ‘Analisis Stilistika Dalam Cerpen’, Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(1), pp. 21–34. doi:10.21070/pedagogia.v1i1.30.

Purnamawati, D.H. (2020) ‘Kajian Antropologi Sastra dalam Cerita Pendek yang Berjudul “Mudhik Total”’, 6(2), pp. 1–23.

Risnawati, I. and Galuh, U. (2022) ‘KEARIFAN LOKAL DALAM NOVEL AROK DEDES Jurnal ini berjudul “ Kearifan Lokal dalam Novel Arok Dedes Karya Pramoedya Ananta Toer ”. Penelitian ini dilatar belakangi masalah yang terjadi karena kurangnya novel yang memiliki nilai kearifan lokal yang bisa dija’, 6, pp. 30–38.

Rizky, N. (2019). Kritik Sosial Pada Cerpen “Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta?” Karya Ahmad Tohari (Kajian Sosiologi Sastra) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Rusdi, M. (2020) ‘Dinamika Sosial Masyarakat Desa’, Pena Persada, pp. 10–27.

Sudarmanto, B.A. dan Susilastri, D. (2020) ‘Marginalized People Self-Actualization in the Short Story “ Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta ?” by Ahmad Tohari’, 477(Iccd), pp. 143–146.

Widianingsih, A.I., Rohayati, N.I.A. dan Hidayat, T. (2022) ‘Unsur-Unsur Kebudayaan Dalam Novel Segala Yang Diisap Langit Karya Pinto Anugrah’, iIRJE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), pp. 1121–1130. Available at: http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/2037.

Cerpen “Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta?” Karya Ahmad Tohari. https://ruangsastra.com/3388/anak-ini-mau-mengencingi-jakarta/. Diakses tanggal 1 Desember 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.12899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.