KESANTUNAN BERBAHASA PADA PODCAST ATTA HALILINTAR DALAM KONTEN CHANNEL YOUTUBE NEED A TALK

Hendra Lesmana, Moch Syafieq Hisyam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan terwujudnya kesopanan bahasa dalam percakapan Atta Halilintar dengan Prily Latuconsina, menggambarkan penyimpangan prinsip kesopanan yang diucapkan oleh Atta Halilintar dan Prilly Latuconsina. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah tuturan yang ada dalam satu vidio podcast di chennel youtube Need A Talk yaitu Deket Sama Reza Rahadian?!Mantan Kiki Pertama CJR?! Aliando?! Prilly Jawab Semuanya disini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak bebas libat cakap dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengikuti Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian yaitu terdapat 26 data yang mematuhi maksim kesantunan dan 7 data yang melanggar maksim kesantunan.

Full Text:

PDF

References


A. Buku

Chaer, A., 2010. Kesantunan Berbahasa. Rineka Cipta, Jakarta.

Levinson, 1987. Politeness Some Universals in Language Usage. Cambridge University Press, Cambridge.

Rahardi, K., 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia, 1st ed. PT. Gelora Aksara Pratama, Jakarta.

Sudaryanto, 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis). Duta Wacana University Press, Yogyakarta.

B. Artikel Jurnal

Dewi Safira, S., Yuhdi, A., 2022. Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Film Ali dan RatuRatu Queens Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. JBSI Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia. 2 (1): 35-51.

Heryani, D., Hendaryan, Hidayatullah, A., 2023. KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PODCAST DEDDY CORBUZIER. Jurnal Diksatria. 7 (2): 539-544.

Hutriana Putri, H., Ermanto, 2022. Kesantunan Berbahasa Warganet dalam Podcast Deddy Corbuzier. DIGLOSIA. 5 (4): 779–792.

Lestari, S., Asnawi, 2020. PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM EDITORIAL SURAT KABAR HARIAN TRIBUN PEKANBARU (KAJIAN PRAGMATIK). Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra. IV (2): 262–282.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S.A., Lazuardi, J., 2022. Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. KAMPRET Journal. 1 (2) 01–10.

Naeni, N., Firmansyah, M. B., & Rokhmawan, T. (2021). Maksim Sopan Santun dalam Pemanfaatan Media Kemitraan Vidio Youtube pada Podcast Deddy Corbuzier untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital. Prosiding Tansformasi Pembelajaran Nasional (Pro-Trapenas) 2021, 189–200.

Tranggono, Mukti, P., Marta, S.I., Gairwyn, S.V., Firmansyah, A., 2023. Memperhatikan Kesopanan dan Ketepatan Berbahasa Mahasiswa Terhadap Dosen UPN “Veteran” Jatim di Media Sosial Whatsapp. EDUCATION: Scientific Journal of Education. 1 (1): 67–80.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i1.12982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.