HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Ciamis)

Dian Yulianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya mengajar guru, mengetahui prestasi belajar bahasa Indonesia siswa dan mengetahui hubungan antara gaya mengajar guru dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa di MTs Negeri 2 Ciamis. Metode yang digunakan dalan penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan analisis korelasi untuk mengetahui hubungan antar variabel. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 254 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 siswa. Pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini dengan cara menyebarkan angket kepada 70 responden. Sedangkan pengumpulan data prestasi belajar didapat dari nilai rapor siswa. Pengolahan data dilakukan dengan rumus Korelasi Produck Moment.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Gaya mengajar guru yang meliputi, variasi suara termasuk dalam kategoti sangat baik, penekanan termasuk dalam kategori baik, pemberian waktu termasuk dalam kategori baik, kontak pandang termasuk dalam kategori baik, gerakan anggota tubuh termasuk dalam kategori baik dan perpindahan posisi juga termasuk dalam kategori baik. Oleh karena itu, gaya mengajar guru bahasa Indonesia di MTs Negeri 2 Ciamis termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata nilai responden sebesar 258. (2) Prestasi  belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII MTs Negeri 2 Ciamis termasuk kategori baik. Hal ini tampak pada nilai rapor dengan rata-rata nilai 78 yang sudan mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65. (3) Terdapat hubungan yang sangat kuat antara gaya mengajar guru dengan prestasi belajar bahasa Indonesia  MTs Negeri 2 Ciamis. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil uji korelasi sebesar 0,81. Sedangkan uji t pada tingkat kepercayaan 0.05 diperoleh  >  (11,299 > 1,667).

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v2i1.1338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.