ANALISIS PADA NOVEL “SUKRENI GADIS BALI” KARYA ANAK AGUNG PANDJI TISNA DENGAN PENDEKATAN OBJEKTIF

Aisya Kurrotuain, Khurun’in Rizki Az Zahra, Valencia Eka Armanda Putri, Anas Ahmadi

Abstract


Penelitian pada novel ini dilatarbelakangi oleh kehidupan masyarakat Bali. Tujuan dari penelitian ini untuk mengulik lebih dalam pada novel “Sukreni Gadis Bali” karya A.A. Panji Tisna. Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif yang berfokus dalam memeriksa dan menganalisis unsur-unsur sastra pada novel “Sukreni Gadis Bali” karya A.A. Panji Tisna yang disusun secara rinci dan sistematis. Objek penelitian ini merupakan novel “Sukreni Gadis Bali” karya A.A. Panji Tisna. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pustaka.  Data yang telah diperoleh perlu melalui tahap validasi keakuratannya. Dalam novel ini juga dijelaskan beberapa masalah sosial yang terjadi pada  novel dan kemudian diapresiasi secara struktural sesuai isi novel tersebut. Adapum hasil pendekatan struktural dalam novel “Sukreni Gadis Bali”adalah (1) tema, (2) tokoh dan penokohan, (3) latar atau setting, (4) gaya bahasa, (5) sudut pandang, (6) alur, (7) nilai moral atau amanat.

Full Text:

PDF

References


Aismalia, Risma. (2021). Analisis Nilai Moral Dalam Novel Peter Karya Risa Saraswati. Jurnal Diksatrasia. Vol 5 No 1 (2021)

Cytha, M. N. (2021) Gaya Bahasa Dalam Novel Otw Nikah Karya Asma Nadia. Jurnal Diksatrasia. Vol 5 No 1 (2021)

Nurcahyati, Dewi, Ai Yulianti, dan Dede Abdurrokhman. “Analisis Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen “Senyum Karyamin” Karya Ahmad Tohari.” Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) 2.6 (2019): 979-986.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Pers Universitas Gadjah Mada.

Ramadani, Fitria, dan Dian Hartati. "Ekranisasi Cerpen Telekung Buat Emak Ke Dalam Film Pendek." Jurnal Pendidikan Tambusai 6.3 (2022): 13988-13993.

Ramadhan, Ikbal. (2023). Analisis gaya bahasa pada novel si anak badai karya Tere liye. Jurnal Diksatrasia. Vol 7 No 1.

Ramdhan, N., M., Munir, S., & Rukaesih, D. (2023). Nilai Moral dan Nilai Sosial dalam Novel Pemimpin Karya Wildan Alamsyah. Jurnal Diksatrasia, Vol. 7, No. 2, Juli 2023.

Rengganis A., Wulan. 2022. Kearifan Lokal Dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer. Jurnal Diksatrasia. Vol 6 No 1.

Sari, L., & Dwigita, P. (2022). Analisis gaya bahasa dan makna diksi puisi “sajak malam” karya heri isnaini dalam montase pilih sajak. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya , 1 (1), 76-85.

Yuniarti, L., Munir, S., Noviadi, A. (2023). Nilai Perjuangan dalam Novel Laut Bercerita Karya Leila Salikha Chudori. Jurnal Diksatrasia, Vol. 7, No. 2, Juli 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i2.13788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.