PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS RESENSI NOVEL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 BANJAR

Tri Asih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa siswa kurang mampu dalam menulis resensi novel. Kurangnya kemampuan siswa dalam kegiatan pembelajaran ini merupakan suatu kendala.Hasil studi awal menunjukkan bahwa kemampuan menulis resensi novel siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Banjar masih belum memenuhi tuntutan KKM yang telah ditentukan yakni 80.Model yang digunakan guru mata pelajaran bahasa Indonesia pun kurang efektif.          Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran multiliterasi.Model ini diharapkan menjadi solusi dalam pembelajaran menulis resensi novel karena model ini mempunyai banyak kelebihan yang dapat membantu dalam pembelajaran menulis resensi novel.          Model multiliterasi merupakan model yang cukup menarik dan dapat menumbuhkan menumbuhkan motivasi serta meningkatakan kemampuan siswa menulis resensi.                    Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah langkah-langkah penggunaan model pembelajaran multiliterasi dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis resensi novel? ; (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam menulis resensi novel setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran multiliterasi ?         Metode yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode deskriktif dengan desain penelitian tindakan kelas (action research)  yang dilaksanakan  dalam  bentuk  siklus.          Hasil dari penelitian tindakan kelas ini adalah (1) langkah-langkah penggunaan model pembelajaran multiliterasi dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis resensi novel terdiri dari siswa menentukan fokus pengamatan sebuah novel berdasarkan tema yang telah ditentukan,siswa menentukan maksud dan tujuan pengamatan, siswa membuat kerangka laporan novel yang telah diamati,mengumpulkan dan mencatat data,menganalisis dan mensintesis selanjutnya membuat simpulan dari novel tersebut menjadi sebuah resensi ; (2) terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menulis resensi novel setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran multiliterasi.Peningkatan tersebut terbukti dari adanya peningkatan kemampuan siswa dari hasil awal belajar ke siklus I sebesar 3,18 dan peningkatan hasil pembelajaran siklus I ke siklus II sebesar 17,97.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v2i1.1478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.