KESANTUNAN BERBAHASA PADA KOLOM KOMENTAR INSTAGRAM MOBILE LEGENDS INDONESIA

Winda Widiasari, Asep Hidayatullah, Rina Agustini

Abstract


Belakangan ini terjadi berbagai komentar yang seringkali nampak ketidaksantunannya, para pemain seringkali terlibat dalam percakapan yang kasar, mengandung kata-kata tidak sopan, dan bahkan adu argumen yang menyebabkan terjadinya perdebatan, hal ini penting bagi masyarakat khususnya warganet tentang kesantunan berbahasa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk pematuhan kesantunan berbahasa pada kolom komentar Instagram Mobile Legends Indonesia, lalu mendeskripsikan bentuk pelanggaran kesantunan berbahasa pada kolom komentar Instagram Mobile Legends Indonesia, serta untuk mengetahui bahan ajar teks tanggapan berdasarkan kajian kesantunan berbahasa pada kolom komentar Instagram Mobile Legends Indonesia. Metode yang dipilih dan digunakan adalah deksriptif kualitatif dengan menerapkan teknik analisis isi (content analysis). Sumber data pada penelitian ini adalah tuturan warganet pada kolom komentar Instagram Mobile Legends Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak catat dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan adalah pematuhan prinsip kesantunan berbahasa sebesar 55%, dan pelanggaran kesantunan berbahasa sebesar 45%. Sehingga, hasil data menunjukkan bahwa komentar warganet di Instagram Mobile Legends Indonesia cenderung santun.

Keywords


Kesantunan berbahasa, pematuhan, pelanggaran

Full Text:

PDF

References


Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa . Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hendaryan. (2015). Ekspresi Kesantunan Dalam Tuturan Bahasa Indonesia Oleh Penutur Dwibahasawan Sunda. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Leech, G. (2011). Prinsip-prinsip Pragmatik (Terjemahan). Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Salsabil, D. W. & Ningsih, R. (2023). Kesantunan Berbahasa Warganet Dalam Kolom Komentar Instagram @Jokowi ‘Ruang Cakap Digital’. Konfiks Jurnal Bahasa, Sastra & Pengajaran, 10 (1), 47.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Rineka Cipta.

Utami, D. & Fatmawati. (2023). Kesantunan Berbahasa Warganet di Kolom Komentar Instagram @nadiemmakarim. Jurnal Sinestesia, 13 (1), 443.

Yanti, dkk. (2021). Analisis Kesantunan Berbahasa Warganet Pada Kolom Komentar Berita di Media Sosial Facebook. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10 (1), 142-144.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i2.14909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.