Kritik Sosial dalam Novel "Hello" Karya Tere Liye

Gita Nuraini, R. Hendaryan, Dedeh Rukaesih

Abstract


Penelitian berjudul “Kritik sosial dalam novel Hello karya Tere Liye”. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu karena dengan adanya permasalahan yang dialami seorang tokoh cerita terkait dengan isu-isu berupa masalah sosial dimasyarakat dengan cerita yang menarik. Dari kemenarikkan tersebut seorang pembaca dapat memperoleh kritik terhadap nilai sosial yang dapat diambil. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kritik sosial dalam novel Hello karya Tere Liye.  Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel dan yang menjadi data dari penelitian tersebut berupa kata-kata, kutipan-kutipan atau kalimat deskripsi pada sebuah novel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, teknik studi pustaka, teknik analisis, dan teknik dokumentasi. Hasil dalam penelitian  ini menunjukkan bahwa, terdapat enam kritik sosial yang berjumlah 24 kutipan data yang ditemukan dalam novel Hello karya Tere Liye yang meliputi: 1). Kritik sosial masalah ekonomi berjumlah 2 data berupa kutipan deskripsi; 2).  Kritik sosial masalah pendidikan berjumlah 4 data berupa  kutipan deskripsi; 3). Kritik sosial masalah moral berjumlah 7 data berupa kutipan deskripsi; 4). Kritik sosial masalah disorganisasi keluarga berjumlah 5 data berupa kutipan deskripsi; 5). Kritik sosial masalah hukum berjumlah 3 data berupa kutipan deskripsi dan 6). Kritik sosial masalah gender berjumlah 3 data berupa kutipan deskripsi.

Keywords


Aspek Kritik Sosial dalam Sastra, Novel Hello karya Tere Liye

Full Text:

PDF

References


Ariska, W., & Amelysa, U. (2020).

Novel dan novelet. Jakarta: Guepedia.

Arikunto (2006). Prosedur penelitian

suatu pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto (2013). Sumber data.

Jakarta:Rineka Cipta.

Heryadi. 2012. Desain penelitian

Bahasa. Bandung: Pustaka.

Kemendikbud, Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018.Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (Diakses 14 januari 2024).

Soejono Soekanto, (2015). Sosiologi suatu pengantar.

Jakarta:Raja Grafindo persada.

Wellek dan Werren (1976). Teori kritik sastra. Jakarta: PT Buku seru.

Wanda Istiqomah Zaen, B. J. (2021). Kritik Sosial Dalam Novel Bidadari Berisik Karya Asma Nadia Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya Dikelas XII SMA. Jurnal Surya Bahtera: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, (5)70-581. (Diakses, 12Februari 2024).

Yulis Indah P, M. H. (2018). Kritik

Sosial Dalam Novel Tanah Surga Merah Karya Arafat Nur. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia (3), 3-06- 2018:281-293. (Diakses 4 Febuari 2024).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i2.15092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.