Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Miracle In Cell No.7 karya Hanung Bramantyo (Alternatif Media Pembelajaran Berdimensi Pendidikan Karakter)

Diktian Adha Katresna, R. Hendaryan, Asep Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini berjudul "Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Miracle In Cell No.7 karya Hanung Bramantyo (Alternatif Media Pembelajaran Berdimensi Pendidikan Karakter)." Latar belakang penelitian ini adalah karena pendidikan karakter saat ini belum efektif dalam membentuk karakter siswa, dengan hilangnya nilai-nilai positif sering disebabkan oleh segelintir siswa. Pendidikan karakter sangat penting dalam sistem pendidikan, dengan tujuan utama membentuk perilaku yang baik. Namun, dalam praktiknya, guru sering tidak optimal dalam pembelajaran, termasuk dalam penggunaan media pembelajaran. Penguasaan teknologi media pembelajaran, seperti media audio visual, sangat dibutuhkan. Film “Miracle In Cell No.7” karya Hanung Bramantyo adalah contoh media audio visual yang cocok untuk pembelajaran berbasis karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik studi pustaka, teknik dokumentasi, teknik analisis, dan teknik mencatat. Fokus penelitian ini yaitu berupa nilai-nilai pendidikan karakter menurut Profil Pelajar Pancasila dan kriteria media pembelajaran menurut Ramli. Hasil penelitian mencakup karakteristik bentuk nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Miracle In Cell No.7 mencakup “bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia”, “berkebhinekaan global”, “bergotong royong”, “mandiri”, “bernalar kritis”, “kreatif” yang terbagi dalam 30 bentuk data nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya 1) Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 14 data, 2) Berkebhinekaan Global 5 data, 3) Bergotong Royong 7 data, 4) Mandiri 1 data, 5) Bernalar Kritis 1 data, dan 6) Kreatif 2 data. Hasil penelitian ini dapat berimplikasi pada model pengembangan media pembelajaran berdimensi pendidikan karakter, karena sudah sesuai dengan kriteria media pembelajaran.

Keywords


Pendidikan Karakter, Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Film.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Asnawir. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta Selatan. PT. Ciputat Press.

Azhar Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Indonesia, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Nasional, D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia

Nasional, I. D. P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024. Jakarta. Kemendiknas.

⁠ Ramli, Muhammad. (2012). Media Dan Teknologi Pembelajaran, Banjarmasin:Iain Antasari Press

⁠Rodliyah. St (2013). Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan. Iain Jember Press

Soedarsono, 2013. Membangun Kembali Jati Diri Bangsa. Jakarta: Elex Media Komputindo




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i2.15108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.