Gaya Bahasa Sarkasme Netizen dalam Kolom Komentar di Akun Instagram Gibran_Rakabuming

N Yayu Nuraeni, R. Herdiana, Sri Mulyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme dalam Kolom Komentar di Akun Instagram Gibran_Rakabuming. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berasal dari komentar netizen terhadap unggahan Instagram Gibran_Rakabuming. Pengumpulan data ini menggunakan teknik baca dan catat. Hasil penelitian gaya bahasa sarkasme yang digunakan netizen pada kolom komentar akun Instagram Gibran_Rakabuming yaitu terdapat gaya bahasa sarkasme sifat digunakan netizen dalam penyampaian sifat-sifat buruk seseorang atau kelompok dengan menggunakan kata atau kalimat kasar, sarkasme tindakan digunakan netizen untuk menyampaikan kalimat kasar atau umpatan terhadap suatu tindakan yang dilakukan yang tidak dianggap menyenangkan, sarkasme hasil dari tindakan digunakan netizen untuk mengolok-olok seseorang atau kelompok atas hasil dari tindakan yang telah dilakukan yang dinilai tidak memuaskan, sarkasme himbauan digunakan netizen menonjolkan himbauan kasar terhadap seseorang, dan sarkasme sebutan digunakan oleh netizen dengan kalimat kasar yang bernada mengejek dengan sebutan yang tidak sopan.  

Keywords


Gaya bahasa sarkasme, Instagram

Full Text:

PDF

References


Cahyo, A. N., Manullang, T. A. A., & Isnan, M. (2020). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme pada Lagu Bahaya Komunis Karangan Jason Ranti. Asas Jurnal Sastra, 9(1): 6-22.

Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar pemahaman bahasa manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Keraf, Gorys. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia: Pustaka Utama.

Mahsun, M., S. (2014). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajawali Pers.

Widiastuti, S. (2016). Gaya Bahasa Sarkasme Roman Ser! Randha Cocok Karya Suparto Brata. Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i2.15125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.