PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM KOMUNITAS ROLEPLAY DI PLATFORM FACEBOOK

Dina Rahayu Agustini

Abstract


Penelitian ini berjudul “Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Komunitas Roleplay di Platform Facebook”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan bahasa Indonesia dalam komunitas roleplay di platfrom Facebook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia dalam komunitas roleplay di platform Facebook.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik simak catat, dan teknik analisis. Hasil penelitian terhadap penggunaan bahasa Indonesia dalam komunitas roleplay di platform Facebook dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan bahasa Indonesia dalam komunitas roleplay di platform Facebook cenderung belum sepenuhnya mematuhi kaidah kebahasaan dalam memposting atau berkomentar, menyebabkan kekeliruan bagi anggota yang sedang belajar bahasa Indonesia yang benar. Masih terdapat kekurangan dalam penerapan kaidah ejaan, namun pilihan kata sebagian besar sudah tepat digunakan. Dalam komunitas tersebut, roleplayer cenderung menyusun kalimat yang fungsi sintaksisnya sudah sesuai, sehingga pesan yang disampaikan penulis dapat dipahami dengan baik oleh pembaca.

Full Text:

PDF

References


Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., Moeliono, & A.M.. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Perum Balai Pustaka

Badudu, J. S. (2001). Pelik-pelik bahasa Indonesia. Bandung: CV Nawaputra.

Badudu, J. S. (2023). Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar. Jakarta: PT Gramedia

Gorys Keraf, D. (2006). Diksi dan gaya bahasa. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, I. (2019). EYD EJAAN YANG DISEMPURNAKAN. Bandung. NUANSA CENDEKIA.

Moeliono, A. M., Lapoliwa, H., Alwi, H., & Sasangka, S. S. T. W. (2017). Tata bahasa baku bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v8i2.15161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.