Interferensi Bahasa Sunda dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Oleh Siswa di MTs Babakan

Adira Taufik Muzzamil, Herdiana Herdiana, Asep Hidayatullah

Abstract


Sebagian besar penduduk Indonesia memiliki kemampuan dalam menggunakan dua bahasa atau lebih. Bahasa pertama yang dikuasai biasanya adalah bahasa daerah, yang umumnya menjadi bahasa pertama yang dipelajari. Tumbuh dan berkembang di suatu daerah yang menggunakan bahasa tertentu sebagai sarana interaksi sehari-hari. Akibat interaksi sosial yang terjadi lingkungan tempat tinggal, terjadi kontak antara bahasa pertama dan bahasa kedua. Penelitian ini mendeskripsikan Interferensi bahasa Indonesia pada teks deskripsi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di MTs Babakan Ciamis  Karang Ampel, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis dan mendeskripsikan pengembangan bahan ajar yang berkaitan dengan interferensi yaitu pengembangan bahan ajar teks deksripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Siswa MTs sebagian besar merupakan penduduk asli dan keturunan masyarakat Sunda yang memiliki kemampuan berbahasa dua bahasa. Akibat dari kemampuan bilingual ini, terjadi interferensi, yaitu penyalahgunaan bahasa yang dipengaruhi oleh bahasa pertama. Interferensi adalah penyerapan unsur-unsur dari satu bahasa ke bahasa lain yang melanggar aturan gramatikal. Penelitian ini menggunakan metode phenomenological research. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis untuk melihat tingkat dan jenis interferensi bahasa yang ditemukan dalam teks deskriptif, serta menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan munculnya interferensi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam teks deskriptif siswa kelas VII MTs Babakan terdapat interferensi di bidang fonologi, morfologi, sintaksis.

Keywords


Interferensi, Sosiolinguistik, Bahasa Sunda.

Full Text:

PDF

References


Agusta, I. (2012). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Penelitian Sosial, 5(2), 123-135.

Alwasilah, A. Chaedar. 2012. Pokoknya kualitatif. Bandung: PT. Dunia Pustaka.

Jay Andriani, A. (2023). Interferensi bahasa Sunda terhadap bahasa Indonesia dalam karangan deskripsi siswa kelas VII. Jurnal Linguistik dan Pendidikan, 15(2), 45-60. Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta. ane_anya@yahoo.com

Budiwiyanto, 2022. Kontribusi Kosakata Bahasa Daerah dalam Bahasa Indonesia(online) https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/792/kontribusi-kosakata-bahasa-daerah-dalam-bahasa-indonesia

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 1998. Sosiolinguistik Perkenalan Awal

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal.

Jakarta: Rineka Cipta

Hastuti, Sri. 2003. Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta:

Mitra Gama Widya.

Humaira, H. W., & Firdaus, A. (Tahun). Interferensi Bahasa Sunda dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Aparat Desa Kelurahan Undrusbinaungun.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(2), 123-135. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Istiqoma, M., Prihatmi, T. N., & Anjarwati, R. (2023). Modul Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Mandiri. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 12(3), 87-95.

Keraf, Gorys. 2000. Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Lastri, Y. (2023). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(1), 45-60.

Nurhana, G., Soleh, D. R., & Winarsih, E. (2019). Interferensi bahasa Indonesia pada acara “My Trip My Adventure” di Trans TV edisi bulan Maret tahun 2019 (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Madiun.

Oviani, I., Irawan, D., Budiman, A., & Gunadi, D. (2023). Interferensi Bahasa Sunda dalam Tuturan Masyarakat Desa Sukamanah Kecamatan

Jatinunggal.

Jurnal Linguistik Indonesia, 12(2), 45-60.

Satturia. (1999). Interferensi Gramatikal Bahasa Makassar terhadap Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SLTP Negeri 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar. FPBS IKIP Ujung Pandang

Sariah, A., & Mulyani, S. (2018). Kajian Interferensi Sintaksis Bahasa Sunda terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia pada Karangan Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(1), 89-102.

Rachmiaty, W. N., & Nurjanah, I. (tahun). Interferensi Bahasa Sunda dalam Pemakaian Bahasa Indonesia Saat Berkomunikasi pada Siswa MTs.

Tarigan, Hendry Guntur. 1985. Pengantar Psikolinguistik.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2023). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(3), 123-135.

Nasution, F. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis dengan Teknik Menulis dari Gambar oleh Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(1), 45-58.

Setiawan, D. A. (n.d.). Analisis Kesalahan Sintaksis Bahasa Indonesia dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VI SDN Kanigoro 02 Kecamatan Pagelaran yang Berbahasa Ibu Bahasa Madura.

Ramlan, M. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: CV.

Rofii, A., & Hasibuan, R. R. (2023). Interferensi Bahasa Batak Mandailing dalam Tuturan Berbahasa Indonesia pada Acara Parpunguan Masyarakat Mandailing Kota Jambi. Jurnal Linguistik dan Pendidikan, 10(2), 112-123.

Rusyana, E., & Rohmah, R. U. N. (2024). Interferensi bahasa Indonesia terhadap bahasa Sunda dalam karangan berbahasa Sunda siswa SMP. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(2), 237-246.

Zalukhu, V. M., Sutama, I. M., & Tantri, A. A. S. (2023). Pembelajaran Teks Deskripsi Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 15(1), 25-38.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v9i1.15822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.