PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH PIDATO MELALUI TEKNIK MODELING PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA QUR’AN CIPANSOR KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Zahid Fathillah, Nia Rohayati, R Herdiana

Abstract


Menulis bukanlah suatu keterampilan yang mudah untuk dipelajari, karena keterampilan menulis dapat diperoleh melalui proses belajar yang memerlukan ketekunan berlatih. Semakin rajin peserta didik berlatih keterampilan menulis yang dimiliki juga akan semakin meningkat. Peserta didik perlu dimotivasi supaya gemar menulis. Di era globalisasi seperti sekarang ini keterampilan menulis sangat dibutuhkan. Keterampilan menulis mempunyai arti yang sangat penting dalam Dunia pendidikan, peserta didik yang sering berlatih menulis dan mengungkapkan ide, akan terampil dan terarah kemampuan berekspresinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keberhasilan penerapan teknik modeling pada pembelajaran menulis naskah pidato. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat komponen, yaitu, (1) perencanaan (planning) pelaksanaan (action), (3) pengamatan (observing), (4) refleksi (reflekting). PTK pada penelitian ini dilakukan dengan menerapkan dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya teknik modeling. Pada siklus I hasil belajar siswa menunjukkan persentase sebesar 44,44% dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu sebesar 94,44%. Hasil pada siklus II menunjukkan keberhasilan implementasi teknik modeling pada pembelajaran menulis naskah pidato siswa kelas X di SMA Quran Cipansor Tasikmalaya.

Keywords


Teknik Modeling, Pidato, Keterampilan Menulis, Bahan Ajar

Full Text:

PDF

References


Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Ahmad. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Reality Publisher.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsjad, Maidar G. dan U. S. Mukti. 1998. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. IKIP Jakarta: Erlangga.

Bandiyah. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpidato Melalui Teknik Pemodelan Siswa Kelas IX-C SMP Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. Tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Depdikbud RI, Pusat Pembinaan dan Pembinaan Bahasa. 2005. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: Pustaka Setia.

Karomani. 2011. Keterampilan Berbicara 2. Ciputat Tangerang Selatan:Matabaca Publishing.

Mulyasa, Prof. Dr. (2007). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Prof. Dr. Sugeng (2015). Evaluasi Hasil Belajar: Teori, Praktik, dan Analisis Butir Soal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sayuti, Prof. Dr. Suminto A. (2017). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Prof. Dr. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumardiono, Dr. (2014). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zainurrahman. 2013. Menulis Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v9i1.15829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.