PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI

Hendri Wira Nur Alam

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Memproduksi teks prosedur kompleks dengan menggunakan  metode Demontrasi (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas X Matematika Ilmu Alam (MIA) SMAN 3 Ciamis). Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana langkah-langkah penggunaan metode demontrasi dalam pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks di kelas X Matematika Ilmu Alam (MIA) SMA N 3 Ciamis?  dan  (2) Bagaimana peningkatan kemampuan siswa setelah penggunaan metode demontrasi  dalam pembelajaran  memproduksi teks prosedur kompleks? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode demontrasi dalam memproduksi teks prosedur kompleks di kelas X Matematika Ilmu Alam (MIA) SMA Negeri 3 Ciamis. (2) Mendeskripsikan peningkatan  kemampuan siswa  setelah penggunaan metode demontrasi dalam pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks. Pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks dengan menggunakan metode demonstrasi menempuh tiga langkah kegiatan pembelajaran, yaitu: kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Terdapat peningkatan kemampuan siswa kelas X MIA2 SMA Negeri 3 Ciamis dalam memproduksi teks prosedur kompleks setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Hal ini tampak dari hasil pembelajaran, siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 68,83, dengan  sedangkan pada pembelajaran siklus 2 memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,75.Kata kunci: teks prosedur kompleks, metode demontrasi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i1.176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.