Sindiran dan Kritik dalam Podcast Depan Pintu di Channel Youtube Kaesang Pangarep by GK Hebat (Alternatif Pengembangan Bahan Ajar Debat)

Rina Karina, Raden Hendaryan

Abstract

Penelitian ini berjudul “Sindiran dan Kritik Dalam Podcast Depan Pintu di Channel Youtube Kaesang Pangarep by Gk Hebat (Alternatif Pengembangan Bahan Ajar Debat)”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik sindiran dan kritik dalam Podcast Depan Pintu di Channel Youtube Kaesang Pangarep by Gk Hebat. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data berupa tuturan yang mengandung unsur sindiran dan kritik, diambil dari podcast depan pintu yang diunggah pada bulan November 2024 hingga Januari 2025. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh penggunaan gaya bahasa sindiran terdiri dari tiga jenis, yakni ironi (25 %), sinisme (42%), dan sarkasme(33%). Adapun karakteristik kritik terdiri atas empat jenis, yaitu mengemukakan keburukan (40%), mengemukakan kekurangan (33%), mengemukakan kekeliruan (20%), dan mengemukakan kesalahan (7%). Jenis sindiran yang paling dominan digunakan adalah sinisme dengan presentase 42%, sedangkan kritik yang paling dominan adalah mengemukakan keburukan dengan presentase 40%. Selain mengindentifikasi karakteristik sindiran dan kritik dalam podcast depan pintu, hasil penelitian ini juga diarahkan pada aspek kebermanfaatan terwujudnya alternatif pengembangan bahan ajar debat pada jenjang SMA Kelas X semester genap karena memuat opini dan argumen yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Bahan ajar yang dikembangkang merujuk pada prinsip bahan ajar menurut Depdiknas (2006), yaitu prinsip relevansi, prinsip kecukupan, dan prinsip konsistensi, selaras dengan dengan kurikulum yang berlaku.Kata Kunci: gaya bahasa, sindiran, kritik, podcast

Keywords

gaya bahasa, sindiran, kritik, podcast

Full Text:

PDF

References

Abidin, Yunus. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Andini, I., Hilmawati, & Arwanto, J. (2022). Alur Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase E. Merdeka Belajar.

https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/bahasa-indonesia/fase-e/

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kelima). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Baskoro, A. (2009). Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta: PT Trans Media.

Chaer, Abdul. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Memilih dan Menysun Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Donnelly, K. M., & Berge, Z. L. (2006). Podcasting: Co-Opting MP3 Players For Education And Training Purposes. Online Journal of Distance Learning Administration, 9(3).

Enoh. (2007). Konsep Baik (Kebaikan) dan Buruk (Keburukan) dalam Al-Quran (Analisis Konseptual Terhadap Ayat-Ayat yang Bertema Kebaikan dan Keburukan). MIMBAR: Jurnal sosial & Pembangunan 23(1): 15-39.

Keraf, Gorys. (1997). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, Gorys. (2004). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih, E., Raharusun, A. S., Dalimunthe, R. P., & Kodir, A. A. (2020). Literasi Media Sosial Dalam Pemasyarakatan Moderasi Beragama Dalam Situasi Pandemi COVID-19.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Phillips, B. (2017). Student-Produced Podcasts In Language Learning – Exploring Student Perceptions Of Podcast Activities. IAFOR Journal of Education, 5, 159.

Sawardi, H. (1986). Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektivitas Komunikasi. Cakrawala, 16(2).

Setiawan, B. (2004). Ensiklopedi Nasional Indonesia. Jakarta: PT Delta Pamungkas.

Setyangga, dkk. (2023). Penggunaan Gaya Bahasa Sindiran Dalam Konten Channel Youtube Animasi Tekotok: Tinjauan pragmatik. Journal on Education, 6(1).

Sianipar, A. P. (2013). Pemanfaatan YouTube Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW, 2(3), 1–10.

Soekanto, S. (1993). Kamus Sosiologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (2021). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.

Tricahyo, A. (2021). ERROR ANALYSIS: Analisis Kesalahan dan Kekeliruan Berbahasa. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Wicaksono, dkk. (2023). Podcast Sebagai Media Kritik Sosial (Analisis Wacana Digital Pada Podcast Mendoan ‘Bukannya Menginjak Dewasa Malah Menginjak Gulune Wong’ Di Spotify Terkait Kasus Penganiayaan Oleh Mario Dandy). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 6(1). Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.