Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Cerpen Dengan Menggunakan Media Audio Visual Berupa Video

Alya Hermawan, Rina Agustini, Taufik Hidayat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI MA Nurul Huda Kawali melalui penerapan media audio visual berupa video. Permasalahan yang dihadapi siswa berupa rendahnya kreativitas dalam menghasilkan ide, kesulitan dalam menyusun alur cerita, dan kurangnya partisipasi aktif serta motivasi dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah suatu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Metode Penelitian deskriptif kualitatif diterapkan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran serta menganalisis perubahan perilaku dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Langkah pembelajaran meliputi penyampaian kompetensi dan materi oleh guru, pengamatan video cerpen Malin Kundang, analisis unsur pembangun cerpen, diskusi kelompok, presentasi hasil diskusi, dan penulisan cerpen secara individual berdasarkan pengalaman sehari-hari siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan  adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, mendapatkan nilai rata-rata yaitu 73,8 dengan masih adanya kendala yang terjadi yaitu keaktifan belajar, khususnya dalam bertanya dan partisipasi. Pada siklus II, seluruh siswa berhasil memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 83,6, serta menunjukkan peningkatan motivasi dan partisipasi aktif. Dengan demikian, penggunaan media audio visual berupa video tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen, tetapi juga berdampak positif terhadap motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran.Kata Kunci: Teks cerpen, Media audio visual, Video, Penelitian Tindakan Kelas, Kemampuan Menulis

Keywords

Teks cerpen, Media audio visual, Video, Penelitian Tindakan Kelas, Kemampuan Menulis

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. Suhardjono, & Supardi (2008). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S., & Abdul Jabar, C. S. (2010). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Khikmah Afiah, (2022) Peningkatan keterampilan menulis cerita pendek menggunakan media pop-up untuk siswa kelas III madrasah ibtidaiyah MA’ Arif NU 01 Kedungbanteng. Tugas Akhir. Universitas Nahdatul Ulama AL-Ghazali. Cilacap.

Maroha, S., Basri, I., & Afnita, A. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Cerpen di SMPN 19 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(2).

Nasution, S. (2011). Didaktik dan Metodik Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Rispah. (2018) Peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui Teknik semi-terbimbing dengan media syair lagu siswa kelas X SMA Negeri 8 Gowa. Tugas Akhir. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai suatu Keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa

Tiarasari, I., Marlisa, W., & Kusumanegara, A. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek. Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra. 4(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.