Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Laut Tengah Karya Archie Hekagery

Teti Rahmawati, Nia Rohayati, Sirodjul Munir

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat ditemukan dalam sebuah film Laut Tengah karya Archie Hekagery dikaitkan dengan alternatif pengembangan bahan ajar melakukan penilaian terhadap karya fiksi. Latar belakang penelitian ini berangkat dari maraknya kemunculan film-film terbaru di televisi, bioskop, dan media lainnya di Indonesia yang dapat diakses secara ilegal oleh berbagai kalangan usia tanpa mempertimbangkan kelayakan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya. Film Laut Tengah dipilih sebagai objek penelitian untuk mengkaji 2 permasalahan yaitu: (1) nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Laut Tengah karya Archie Hekagery, dan (2) pemanfaatannya sebagai alternatif pengembangan bahan ajar dalam melakukan penilaian terhadap karya fiksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis data. Sumber data penelitian adalah data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui teknik studi pustaka, teknik analisis data, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film Laut Tengah karya Archie Hekagery mengandung berbagai nilai pendidikan karakter , antara lain: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab. Film Laut Tengah karya Archie Hekagery dinilai layak menjadi alternatif pengembangan bahan ajar karena memuat konten positif yang dapat membentuk karakter peserta didik, oleh karena itu disarankan agar sekolah menengah pertama memanfaatkannya sebagai salah satu bahan ajar dalam melakukan penilaian terhadap karya fiksi.Kata Kunci: Nilai; Pendidikan Karakter; Film; Bahan Ajar

Keywords

Nilai; Pendidikan Karakter; Film; Bahan Ajar

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Dewantara, Ki Hadjar. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.

Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Cetakan kelima. Bandung: Alfabeta.

Ilham Muhammad, W. I. A. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Demokratis dan Toleransi dalam Novel Karya Habibiurahman El Shirazy dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra. Jurnal Bahasa, 7(4), 1-10.

Kemendiknas, (2010). Kerangka Acuan Pendidikan karakter. Jakarta: Kemendiknas; Direktorat Ketenagaan; Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi; Kementrian Pendidikan Nasional.

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pujawati, R.D,. Munir, S,. & Noviadi, A. (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Avatar The Way Of Water Karya James Cameron,. Jurnal Diksastrasi, 8(1)

Purnamasari, D., Hendaryan., & Noviadi, a. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye. Jurnal Diksastrasia, 7 (2).

Samrin, S. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 120-143.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta, cetakan ke-29, 2022

Sumarno, Marselli. (2017). Apresiasi Film. Jakarta: Pusat Pengembangan Perfilman Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Suwardani. QUO VADIS PENDIDIKAN KARAKTER: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Denpasar-Balis:UNHI Press, 2020.

Tim Penyusunan Kamus, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka. 2005, h. 269

Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter: Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa. Jember: IAIN Jember Press.

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.