Nilai Pendidikan dalam Lagu Hindia Sebagai Alternatif Bahan Ajar Memahami Pesan Puisi

Risya Rizkyawati, Sirojul Munir, Andri Noviadi

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam lirik lagu album Lagipula Hidup akan Berakhir karya Hindia serta potensinya sebagai pengembangan bahan ajar yang berkaitan dengan Capaian Pembelajaran memahami pesan yang disampaikan pada teks puisi. Penelitian ini mengambil sumber data primer dari album kedua Hindia yaitu lirik lagu dalam album Lagipula Hidup akan Berakhir karya Hindia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data telaah pustakaan, teknik triangulasi, dan teknik analisis. Hasil penelitian nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam lirik lagu album Lagipula Hidup akan Berakhir karya Hindia yaitu nilai pendidikan agama, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan estetika. Berdasarkan temuan tersebut, nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam lirik lagu album Lagipula Hidup akan Berakhir karya Hindia dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar alternatif yang dapat menarik minat  dalam memahami pesan yang disampaikan pada teks puisi serta terhubung dengan fenomena dan kehidupan nyata. Pemanfaatan media populer seperti lirik lagu dapat meningkatkan daya tarik pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap fenomena sosial dan keadaan yang nyata.Kata Kunci: Nilai pendidikan; Lirik lagu; Hindia; Pengembangan bahan ajar; Teks Puisi;

Keywords

Nilai pendidikan; Lirik lagu; Hindia; Pengembangan bahan ajar; Teks Puisi;

Full Text:

PDF Remote

References

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. RajaGrafindo Perseda, Jakarta

Adha, Diktian. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Miracle Cell No.7 Karya Hanung Bramantyo. Jurnal Diksatrasia, 599

Ansori, R. A. (2016). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik. Jurnal Pusaka.

Demiryürek, G. (2023). A Bibliometric View on Values Education Studies in the International Arena. Problems of Education in the 21st Century.

Dwi, Silviana, J. H. (2023). Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Home Sweet Loan karya Almira Bastari. Junal Diksatrasia, 316.

Elneri, N. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Mamak Karya Nelson Alwi. Jurnal Puitika.

Fatmaira, Z. (2022). Nilai Pendidikan dalam Novel Rantau 1 Muara Karya A.Fuaddi. Sintaks, 3.

Fery, Y. (2023). Nilai Pendidikan Karakter dalam Lirik Lagu Gali Lobang Tutup Lobang Karya Rhoma Irama: Sebuah Analisis Konten. Edukasiana: Journal of Islamic Education, 142.

Friandy. (2023). Analisis Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Lagu Dalam Album Pekal “Salam Sakapoh Iban” Karya Man Pekal. Jurnal Pustaka Indonesia (JPI), 119-127.

Gusnetti. (2015). Struktur Dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Gramatika.

Hasbullah. 2012. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. RajaGrafindo Perseda. Jakarta

Hurmatisa, D. (2020). Nilai Didaktis dalam Cerita Putri Denda Mandalika Versi S.S.T Wisnu Sasangka dan Hubungannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Bastrindo, 36.

Irma, C. N. (2017). Pendekatan Sosiologi Sastra Dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Punakawan Menggugat Karya Ardian Kresna. Jurnal Bindo Sastra.

Kosasih. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara. Jakarta

Koshy, P. (2023). Higher education and the importance of values: evidence from the World Values Survey. Higher Education.

Mafaldo-Gómez. (2022). Training in values in environmental education in high school students: Case study: Education, environment, and society. International Journal of Life Sciences.

P, T. (2024). The interplay between teachers’ value-related educational goals and their value-related school climate over time. European Journal of Psychology of Education.

Putri, N. A. (2011). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi . Jurnal Komunitas.

Rumainum, M. C. (2017). Endapan Nilai Penyangga Karya Sastra dalam Cerita Kota Emas Karya Ishak Samuel Kijne Sebagai Pilar Sastra Lokal. MELANESIA: Jurnal Ilmiah Kajian Sastra dan Bahasa , 108.

Saputri, L. C. (2020). Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari . Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Alfabeta,CV. Bandung

Sukardi, 2021. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta

Sukardi. (1997). Nilai-nilai pendidikan budi pekerti dalam dongengan sulawesi selatan. Jakarta: pusat pembinaan dan pengembangan bahasa departemen pendidikan dan kebudayaan.

Surati, H. S. (2022). Nilai Pendidikan dalam Pertunjukan Seni Ebeg di Kecamatan Langensari Kota Banjar. Jurnal Diksatrasia, 254.

Tian, R. I. (2021). Analisis makna lagu "Lihat, Dengar,Rasakan" dari Sheila on 7 menggunakan pendekatan semiotika. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra, 68.

Türkan, S. (2023). Value Education for Bilingual Turkish Students: Value Consciousness Approach. Journal of Interdisciplinary Educational Research.

Wicaksono, Andi. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi (Edisi Revisi). Garudhawaca, Yogyakarta

Waningyun, P. P. (2022). Analisis Psikologi Sastra Tokoh Utama Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis. Metalingua.

Widiyono, Y. (2013). Nilai Pendidikan Karakter Tembang Campursari Karya Manthous. Jurnal Pendidikan Karakter.

Zitnie Amalia Putri. (2021). Analisis Nilai -Nilai Pendidikan Dalam Novel Ingkar Karya Boy Candra Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma. Jurnal Educatio.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.