STRUKTUR SASTRA DALAM KUMPULAN CERPEN BERJUTA RASANYA KARYA TERE LIYE

Resza Pratiwi

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini berjudul “Struktur Sastra Dalam Kumpulan Cerpen Berjuta Rasanya Karya Tere Liye”. Struktur sastra merupakan unsur pembangun dalam sebuah karya sastra yang tidak dapat dipisahkan atau di ubah satu sama lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan struktur sastra dalam kumpulan cerpen Berjuta Rasanya Karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya teknik telaah pustaka, teknik analisis, dan teknik dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Unsur intrinsik. Unsur Tema. Tema yang terdapat dalam kumpulan cerpen Berjuta Rasanya karya Tere Liye bertemakan tentang proses pengalaman cinta yang berbeda-beda, yang memiliki berjuta rasanya. Unsur Plot atau Alur. Plot atau alur yanag di gunakan dalam kumpulan cerpen Berjuta Rasanya karya Tere Liye adalah alur maju dan alur campuran. Cerpen yang mengunakan alur campuran (alur maju mundur) ialah Kupu-Kupu Monarch, selebihnya menggunakan alur maju. Unsur Latar. Unsur latar yang digunakan dalam kumpulan cerpen Berjuta Rasanya Karya Tere Liye adalah latar tempat, latar waktu dan latar sosial. Unsur Tokoh atau Penokohan. Unsur tokoh atau penokohan yang terdapat dalam kumpulan cerpen Berjuta Rasanya karya Tere Liye adalah menggunakan tokoh utama aku dan tokoh tambahan. Unsur Sudut Pandang. Sudut pandang dalam kumpulan Cerpen Berjuta Rasanya karya Tere Liye adalah sudut pandang persona ketiga “Dia” dan sudut pandang persona pertama “Aku”. Cerpen yang menggunakan sudut pandang persona ketiga “Dia” adalah Mimpi-Mimpi Laila Majnun, Kupu-Kupu Monarch, Joni dan Doni, Pandangan Pertama Zalaiva selebihnya menggunakan sudut pandang persona pertama “Aku” Unsur Gaya Bahasa. Unsur gaya bahasa yang digunakan dalam kumpulan cerpen Berjuta Rasanya karya Tere Liye ialah gaya bahasa figuratif atau pemajasan. Cerpen yang termasuk ke dalam majas perbandingan adalah Hiks Ku Pikir Kau Naksir Aku, Cinta Zooplankton, Cintanometer, Harga Sebuah Pertemuan,Kotak-Kotak Kehidupan Andrei, Kutukan Kecantikan Miss X, Love Ver 7.0 & Married Ver 9.0, Kutukan Kecantikan Miss X 2, Lily dan Pria Tiga Itu, Mimpi-Mimpi Laila Majnun, Kupu-Kupu Monarch, Joni dan Doni, Pandangan Pertama Zalaiva. Sedangkan yang termasuk ke dalam majas sindiran adalah Bila Semua wanita Cantik dan Antara Kau dan Aku. Unsur Ekstrinsik. Latar Belakang Kehidupan Pengarang, Gaya tulisan dalam cerpen Berjuta Rasanya begitu sederhana tapi penuh makna dan filosofi yang mendalam. Psikologi Pengarang. Tere Liye mengungkapkan curahan perasaan atau luapan perasaan dan pikirannya serta imajinasinya ke dalam cerita-cerita dalam cerpen Berjuta Rasanya. Lingkungan Sosial Pengarang. Tere Liye mengungkapkan keadaan lingkungan sosial terhadap perbedaan strata sosial di dalam masyarakat. Perbedaan status antara orang kaya dan orang miskin terlihat pada sisipan ceritanya.Kata Kunci: Struktur sastra

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refilka Aditama.

Arikunto, Suharsmi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aminuddin. 1987. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Aminuddin. 2011. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia: Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Emzir. 2015. Teori Dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Pers.

Hidayat, Kosadi. 2001. Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: CV Trimitra Mandiri.

Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi penulisan Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nazir, Moh. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nugiyantoro, burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Perss.

Pradopo, Rahmat Joko. 2003. Kritik Sastra Modern. Yogyakarta: Grama Media.

Priyatni, Tri. 2015. Membaca Sastra Dengan Ancaman Literasi Krisis. Jakarta: PT Bumi Aksara

Semi, Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: CV Angkasa.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setiawan. Sulhan. 2006. Mudah dan Menyenangkan Belajar Mikrokontroler. Yogyakarta : Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v2i2.2217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.