PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII SMPN Satap 3 Culamega Kabupaten Tasikmalaya)

Ade Nina

Abstract


ABSTRAK Keterampilan menulis merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah, akan tetapi tidak sedikit siswa yang kurang mampu. Padahal kemampuan ini sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir yang lebih bersifat realitistik. Kemampuan tersebut, sebenarnya dapat ditingkatkan dengan cara belajar yang lebih baik pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Desain dalam penelitian tindakan kelas disebut juga pola yang diikuti peneliti sebagai langkah konkret merencanakan, melaksanakan, mengobservasi, dan merefleksi tindakan setiap siklus yang telah berlangsung. Sumber data penelitian ini, yaitu: (1) siswa Kelas VII SMPN Satap 3 Culamega, yang berjumlah 22 orang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah adanya perubahan kemampuan siswa setelah menerapkan strategi pembelajaran heuristik diperoleh presentase ketuntasan belajar siswa antara siklus I dan siklus II, maka pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 95.45% atau dari 5 siswa yang tuntas pada siklus 1 menjadi 21 siswa pada siklus II. Peningkatan tersebut diakibatkan adanya tindakan perbaikan yang dilakukan guru pada siklus II, terutama meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis surat dinas. Kata Kunci: Menulis Surat Dinas, Strategi Pembelajaran Heuristik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v4i1.2225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.