MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROUNDTABLE PADA KELAS XI TKJ SMK LPT CIAMIS
Dede Arif
Abstract
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPENDENGAN MENGGUNAKAN METODE ROUNDTABLEPADA KELAS XI TKJ SMK LPT CIAMISDede ArifMahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa IndonesiaFKIP Universitas Galuh Ciamisarifnumbawan@gmail.comABSTRAKLatar belakang penelitian adalah rendahmya kemampuan siswa dalam menulis cerpen pada kelas XI TKJ SMK LPT Ciamis dan belum memenuhi tuntutan sebagaimana yang telah ditentukan batas minimal ketuntasan belajar. Salah satu faktor penyebabnya diduga kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tersebut. Metode roundtable merupakan solusi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini, yaitu : (1) Bagimanakah langkah – langkah penggunaan metode roundtable dalam pembelajaran menulis cerpen?; (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam menulis cerpen setelah menggunakan metode roundtable? Adapun tujuan penelitian ini untuk menjawab kedua rumusan masalah tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik tes dan teknik wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari setiap siklus, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan desain Penelitian tidakan kelas. Berdasarkan hasil analisis penelitian, dapat disimpulkan hal - hal sebagai berikut. Langkah-langkah dalam pembelajaran untuk kemampuan menulis cerpen yang dilakukan guru kepada siswa melalui upaya perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran roundtable ditempuh dalam empat langkah yakni: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Sementara itu dalam pelaksanaan proses penelitian ditekankan pada langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model roundtable yang terdiri dari kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan.Terdapat peningkatan kemampuan menulis cerpen pada siswa melalui upaya perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model roundtable dan diketahui siklus II lebih baik dari siklus I. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor yang terjadi dari tahap pratindakan hingga siklus II. Skor rata-rata pratindakan sebesar 68,45 masih di bawah kriteria keberhasilan yaitu 75. Setelah adanya tindakan terjadi peningkatan kualitas produk pada siklus I dan II. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata siklus I sebesar 77,75 dan skor rata-rata siklus II sebesar 88,44. Demikian terjadinya peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran roundtable, bahwa penerapan model pembelajaran roundtable mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen.