MENERAPKAN METODE ESTAFET WRITING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PANTUN DI SMP

Wita Widianti, Taufik Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode estafet writing dalam pembelajaran menulis pantun. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, teknik pembelajaran, dan teknik tes. Untuk mengetahui hasil dari pembelajaran dalam penelitian ini digunakan desain prauji-pasca uji kelompok (pretes-postes control group design). Melalui perbandingan hasil prates dan pscates diketahui perubahan kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis teks pantun. Setelah data-data diolah, dianalisis, dan dideskripsikan dapat diperoleh gambaran sebagai berikut. (a) Langkah-langkah pembelajaranmenulis teks pantun dengan menerapkan metode estafet writing terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal: (1) guru mengucapkan salam kemudian siswa merespon salam (untuk mengawali kegiatan pembelajaran); (2) guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa; (3) guru melaksanakan apersepsi kepada siswa dengan melakukan tanya jawab; (4) guru memberikan prates kepada siswa, kegiatan inti : (1) mengamati; (2) menanya; (3) menalar; (4) mengasosiasi; (5) mengomunikasikan, kegiatan akhir : (1) guru memberikan pascates kepada siswa; (2) guru dan siswa membuat simpulan mengenai pembelajaran; (3) guru dan siswa mengakhiri pembelajaran. (b) Terdapat perubahan kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis teks pantun dengan menggunakan metode estafet writing. hal ini dapat terlihat dari perbandingan hasil prates dan pascates yang menunjukkan hasil pascates lebih baik dari pada hasil prates.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, Henry Guntur. 1993. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Syathariah, S. 2011. Estafet Writing (Menulis Berantai). Yogyakarta: Leutikeprio.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Nursito, 2000.Ikhtisar Kesusastraan Indonesia.Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Titi dkk, 2016.Bahasa IndonesiaKementrian Pendidikan dan Kebudayaan.Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Sugiarto, Eko. 2015. Mengenal Sastra Lama.Yogyakarta: CV Andi OFFSET.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v4i2.2229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.