Abstract
ABSTRAK Latar belakang penelitian ini bertolak dari keterampilan siswa kelas VII C dalam menulis puisi rakyat (pantun) masih rendah dan belum memenuhi tuntutan sebagai mana yang telah ditentukan batas minimal ketuntasan belajar. Peyebabnya diduga jurang tepatnya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tersebut. Upaya meningkatkan keterampilan siswa maka digunakan media alam sekitar. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini, yaitu : (1) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan media alam sekitar dalam pembelajaran menulis puisi rakyat (pantun) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cisaga?; (2) Bagaimana peningkatan kompetensi siswa dalam menulis puisi rakyat (pantun) dengan penggunaan media alam sekitar pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cisaga?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media alam sekitar dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi rakyat (pantun) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi rakyat (pantun) setelah digunakan media alam sekitar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut.Langkah-langkah dalam pembelajaran untuk keterampilan menulis puisi rakyat (pantun) yang dilakukan guru kepada siswa melalui upaya perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media alam sekitar ditempuh dalam empat langkah yakni: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Dalam perencanaan disusun berdasarkan langkah-langkah perencanaan yang telah ditentukan, yakni (1) kompetensi dasar; (2) hasil belajar; (3) indikator hasil belajar; (4) materi pokok; (5) langkah-langkah KBM; (6) penilaian. Sementara itu dalam pelaksanaan proses penelitian ditekankan pada langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan media alam sekitar yang terdiri dari kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan.Terdapat peningkatan keterampilan menulis puisi rakyat (pantun) pada siswa melalui upaya perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media alam sekitar dan diketahui siklus II lebih baik dari siklus I. Hal ini tampak dari perolehan rata-rata nilai siswa pada siklus I dengan rata-rata nilai 74,33 dan siklus II dengan rata-rata nilai 84. Demikian terjadinya peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media alam sekitar, bahwa penerapan media alam sekitar mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi rakyat (pantun). Kata Kunci:Peningkatan Keterampilan Menulis, Puisi Rakyat (Pantun), dan Media Alam Sekitar
References
Achsin, Amir, Drs. 1986. Media pendidikan. Ujung pandang Penerbit IKIP.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rosdakarya.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Djamarah, Syaiful Bahri dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa, Endang. 2010. Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nursito. 2000. Ikhtisar Kesusastraan Indonesia. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Sudjiman, Panuti. 1984. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Gramedia
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 1990. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Surakhmad, Wiharno.1998. Pengantar penelitian ilmiah: dasar metode tehnik . Bandung: Tarsito.