Peningkatan kemampuan menulis pantun dengan menggunakan model Think Pair Share dikelas VII A MTs pesantren pembangunan majenang kabupaten cilacap tahun pelajaran 2018/2019

Nurul Istiqoh

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini dilakukan karena adanya m4asalah, dimana kemampuan menulis pantun siswa masih kurang. Hal ini dibuktikan hanya 1 orang dari 19 orang siswa yang mampu memenuhi tuntutan KKM 70 dalam menulis pantun. Data tersebut penulis peroleh dari guru Bahasa Indonesia yang mengajar di MTs PP (Pesantren Pembangunan). Faktor penyebab kekurangmampuan siswa dalam menulis pantun. Hal ini terbukti dengan banyaknya siswa yang memiliki nilai kurang dari KKM yang telah di tentukan. Rumusan masalah yang diajukan adalah Bagaimana langkah-langkah penggunaan model think Pair Share dalam pembelajaran menulis pantun? Bagaimana peningkatan kemampuan menulis pantun setelah digunakan model think Pair Share ? tujuan yang ingin di capai adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kedua rumusan masalah tersebut. metode yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut. Langkah-langkah dalam mengembangkan kompetensi menulis pantun yang dilakukan guru kepada siswa melalui upaya perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode peta pikiran (main mapping) ditempuh dalam empat langkah yakni (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (action); (3) observasi (observation); dan (4) refleksi. Dalam perencanaan disusun berdasarkan langkah-langkah perencanaan yang telah di tentukann, yakni (1) kompetensi dasar; (2) hasil belajar; (3) indikator hasil belajar; (4) materi pokok; (5) langkah-langkah KBM; (6) penilaian. Sementara itu dalam pelaksanaan proses penelitian ditekankan pada langkah-langkah model think pair share yakni: Kegiatan awal: Apersepsi (1) Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa; (2) Guru menerangkan kepada siswa tentang puisi dan tata cara penulisannya: (3) Guru dan Peserta didik bertanya jawab tentang proses penyusunan puisi yang pernah dialami atau dikenal siswa. pada kegiatan inti dilakukan langkah-langkah sebagai berikut. Mengamati Siswa mengamati contoh pantun yang di sediakan oleh guru. Siswa membaca contoh pantun yang di sediakan oleh guru. Menanya. Siswa bertanya tentang struktur dan kaidah kebahasaan pantun yang diamati. Siswa menjawab pertanyaan tentang struktur dan kaidah kebahasaan pantun yang diamati. Menalar. Siswa berpikir secara individu mengenai menulis pantun sesuai dengan struktu. Siswa berpikir secara individu mengenai menulis pantun sesuai dengan kaidah pantun .Mencoba Siswa diminta untuk berpasangan (2 orang). siswa pertama diberikan perintah untuk membuat satu bait pantun dengan tema bebas .Setelah siswa pertama menyelesaikan satu bait siswa kedya membuat bait baru yang isinya balasan bait pasangannya. Mengkomunikasikan a. setiap pasangan membacakan hasilnya di depan kelas. Siswa lainnya menanggapi hasil dari menulis pantun yang dibacakan. Kegiatan akhir; (1) Guru bersama-sama dengan peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman/simpulan dari kegiatan pembelajaran menulis pantun ; (2) Guru melakukan penilaian dilanjutkan dengan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; (3) Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran dan menanggapi hasil kerja siswa; (4) Guru membuat rencana kegiatan lanjutan; (5) Guru menjelaskan proses menulis pantun yang dihasilkan siswa melalui Model think pair share (concep mapping). Serangkaian kegiatan yang telah ditempuh itu sesuai dengan alokasi waktu, yaitu 30 menit. Observasi dilaksanakan oleh dua orang observer. Sedangkan refleksi dilaksanakan untuk merumuskan tindak lanjut hasil penelitian. Hasil penelitian 2. Hasil peningkatan kompetensi menulis pantun yang dilakukan guru kepada siswa melalui upaya perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model think pair share diketahui bahwa terjadi peningkatan kompetensi siswa dari siklus 2 lebih baik dari siklus 1 lebih baik dari pra siklus. Hal ini tampak dari perolehan nilai rata-rata siswa pada prasiklus 50.1, siklus 1 sebesar 70, siklus 2 sebesar 96.32Kata Kunci : Menulis teks pantun, model (Think Pair Share), kelas VIII A, kemampuan menulis. 

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin,Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Achmad. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenada Media Grup.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

________. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kosasih. 2014. Jenis-jenis Teks. Bandung Yrama Widia.

Shoimin. 2016. Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Arruz Media




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v4i1.2246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.