PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA TEKS FIKSI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING GUIDE (PANDUAN MEMBACA) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VII B SMP Plus Miftahul Ulum Gunungtanjung Kabupaten Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2017-2018)”.

Eri Fauziatul Mubarok

Abstract


Penelitian ini bertolak dari kemampuan membaca teks fiksi pada siswa kelas VII B SMP Plus Miftahul Ulum Gunungtanjung masih rendah. Upaya meningkatkan kemampuan tersebut, maka digunakan strategi pembelajaran reading guide. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan strategi pembelajaran reading guide (Panduan Membaca) dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca teks fiksi dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa membaca membaca teks fiksi setelah digunakan strategi pembelajaran reading guide (Panduan Membaca). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri 22 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut.Langkah-langkah penggunaan strategi pembelajaran reading guide (Panduan Membaca) dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca teks fiksi diawali dengan kegiatan awal yang dialokasikan 10 menit. Siswa merespon salam  pertanyaan guru. Siswa menerima informasi tujuan dan manfaat pembelajaran. Siswa menyimak materi membaca teks fiksi disertai penjelasan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.  Tahap berikutnya kegiatan Inti yang dialokasikan selama 60 menit. Tahap pertama siswa membaca intensif teks fiksi yang telah disertai kisi-kisi oleh guru. Di dalam kelompok siswa saling tanya terkait pengisian kisi-kisi dari teks fiksi.  Berikutnya siswa berdiskusi untuk menentukan jawaban berdasarkan kisi-kisi dan pertanyaan yang telah ditentukan. Siswa menyajikan komentar atas jawaban yang telah ditemukan dari bantuan kisi-kisi teks fiksi. Sebelum memublikasikan komentar, siswa menyunting komentar yang dijadikan jawaban.Siswa memublikasikan komentar terhadap fiksi yang dibaca. Pada Kegiatan Akhir dialokasikan selama 10 menit; Siswa memperoleh kesimpulan dan umpan balik dari guru terkait teks fiksi. Siswa mendapatkan informasi terkait rencana tindak lanjut, dan tutup.Kemampuan Membaca teks fiksi Setelah Digunakan Strategi Pembelajaran Reading guide meningkat. Hal ini dibuktikan dengan pada siklus ke-1 nilai hasil belajar siswa kelas VII B SMP Plus Miftahul Ulum Gunungtanjung mencapai rata-rata nilai 73,63 atau dengan kriteria keberhasilan 59,09% dari 22 siswa 13 siswa yang mencapai KKM. Pada Siklus ke-2, rata-rata nilai mendapat nilai 88,63 atau dengan kriteria keberhasilan 100% atau 22 siswa sudah menuntaskan hasil belajarnya. Berdasarkan hasil belajar dari Siklus ke-1 ke Siklus ke-2 mengalami peningkatan sebesar 15. Kata kunci: kemampuan membaca teks fiksi, strategi pembelajaran reading guide 

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Yunus. 2010. Strategi Membaca Teori dan Pembelajarannya. Bandung: Rizqi Press

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Saiful. Bachri. 2010. Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Satuan Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Finoza, Lamuddin.2010. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.

Hisyam Zaini dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

Ismail, 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Paikem. Semarang : Rasail Media Group

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Mappatoto, Andi B. 1993. Suatu Kiat Penulisan. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2010. Metode Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharso dan Retnoningsih, Ana. 2012. KBBI. Semarang: Widy Karya

Suwardi, 2007. Manajemen Pembelajaran. Surabaya: JP Book

Tarigan, H. Guntur. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. S

______________. 2008. Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Balai Pustaka.

Yudhistira, Dadang. 2013. Menulis PTK. Jakarta: Kompas Gramedia.

Internet

Aminuddin (2002:66) teks fiksi http://www.dosenpendidikan.com/7-pengertian-prosa-fiksi-menurut-para-ahli/

https://pusatbahasaalazhar.wordpress.com/pesona-puisi/pengertian-karya-fiksi.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v4i2.2397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.