PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PETA KONSEP BUKU FIKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEMBACA SQ3R (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Karangnunggal)

Wiwin Windawati

Abstract


Minat baca para siswa di SMP Negeri 2 Karangnunggal masih kurang, sehingga penulis mencoba menerapkan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca peta konsep. Harapan penulis melalui penelitian tersebut kemampuan membaca siswa dapat meningkat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif.  Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas. Secara garis besar terdapat empat tahapan yang dilalui, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Karangnunggal. sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Karangnunggal yang berjumlah 30 orang dan 2 orang guru sebagai observer. Berdasarkan data yang diperoleh dan analisis data, diketahui bahwa 1 pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 67.37. sedangkan pada siklus II  diperoleh rata-rata sebesar 88,00%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa antara siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut diakibatkan adanya tindakan perbaikan yang dilakukan guru pada siklus II, terutama adanya bimbingan yang intensif dan terarah terutama dengan digunakannya metode membaca SQ3R yang lebih menekankan pada segi penulisan pilihan kata dari teks yang dibaca sehingga siswa menjadi lebih selektif dalam memilih kata dan lebih aktif dalam mengembangkan kemampuan membaca kritis teks editorial.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hartati, Sri Dkk. 2008. Sistem Pakar Dan Pengembangannya. Yogyakarta: Graha. Ilmu. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2015.

Hernowo. 2005. Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar secara Menyenangkan. Bandung: MLC.

Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di Sekolah. Dasar. Bandung: UPI PRESS.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Leo. 2012. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. CV. Alfabeta. Jakarta.

Nurhadi. 2008. Pembelajaran Membaca. Jakarta: Cipta.

Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Rakhmat, Jalalludin, 2006, Psikologi Komunikasi, Bandung:PT. Remaja.

Saliwangi. 1988. Metodologi Penelitian Motivasi Belajar Terhadap. Motivasi Belajar.Sijanto dkk: (1984)

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Subana, M dan Sudrajat, 2005, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Suherli. 2001. Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung : Yrama Widya.

Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H.G. 1985. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v3i1.2432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.