KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR MEDIA SOSIAL TIKTOK AKUN DENISE CHARIESTA (Alternatif Model Pengembangan Bahan Ajar Teks Diskusi)

Farisa Devina Maulida, Hendaryan Hendaryan, Siti Andini

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini berjudul “Kesantunan Berbahasa dalam Kolom Komentar Media Sosial Tiktok Akun Denise Chariesta (Alternatif Model Pengembangan Bahan Ajar Teks Diskusi)”. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu bahwa pada dasarnya bahasa yang digunakan dalam media sosial tiktok sangat beragam dan banyak sekali yang tidak lagi memperhatikan kaidah-kaidah penggunaan bahasa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik Kesantunan Berbahasa dalam Kolom Komentar Media Sosial Tiktok Akun Dense Chariesta mendeskripsikan kesesuain kesantunan berbahasa dengan kriteria bahan ajar dan untuk mendeskripsikan bentuk alternatif model bahan ajar dalam pembelajaran teks diskusi. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan kolom komentar yang ada dalam lima konten tiktok Denise Chariesta yaitu konten Holang Kaya Makan Pizza, Beruang Siaga : temenin, anterin, bayarin, Ini Alasan Pipi Gue Chubby !! Paham?, Cemilan Bumil 270.000, dan Bumil Ngidam Makanan Mahal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik telaah pustaka, teknik simak, teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yakni pengumpulan data, reduksi data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian kesantunan berbahasa ini menunjukkan bahwa wujud karakteristik kesantunan berbahasa tuturan dalam kolom komentar media sosial tiktok akun Denise Chariesta ditemukan (1) adanya pematuhan prinsip kesantunan berbahasa, (2) adanya pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa, kesantunan berbahasa dalam kolom komentar media sosial tiktok akun Denise Chariesta layak dijadikan sebagai bahan ajar karena sudah sesuai dengan prinsip relevansi, konsistensi, dan kecukupan dan bisa dijadikan model bahan ajar sesuai dengan bahan ajar yang ideal.

Keywords


Kesantunan berbahasa, pematuhan, pelanggaran

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.