NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL HOME SWEET LOAN KARYA ALMIRA BASTARI ( Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Membaca Novel KD 3.9 kelas Xll )

Silviana Dwi Rahasti, Juju Juandi, Heryanto Gunawan

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini berjudul “Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Home Sweet Loan karya Almira Bastari ( Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Membaca Novel KD 3.9 kelas XII)”. Latar belakang penelitian ini yaitu novel merupakan karya sastra yang banyak digemari oleh masyarakat, terutama kalangan remaja. Namun banyak remaja yang hanya sekedar membaca novel tanpa memahami makna dan tujuan dari novel tersebut. Di dalam sebuah novel tentunya banyak sekali nilai-nilai yang bisa diambil salah satunya yaitu nilai pendidikan,  namun sekarang nilai pendidikan kurang di perhatikan dalam kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mengenai pengetahuan tentang nilai pendidikan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini yaitu novel Home Sweet Loan karya Almira Bastari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik telaah pustaka, teknik membaca, teknik cata, dan teknik analisis adapun teknik analisis yang digunakan yakni, perbandingan, kategorisasi, inferensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai pendidikan dalam novel Home Sweet Loan karya Almira Bastari dibagi menjadi lima aspek, diantaranya adalah 1) nilai pendidikan ketuhanan sebanyak 9%. 2) nilai pendidikan moral sebanyak 77%. 3) nilai pendidikan sosial sebanyak 7%. 4) nilai pendidikan budaya sebanyak 3. 5) nilai pendidikan estetika sebanyak 11%. Selain itu, penelitian ini dapat digunakan sebagai pengembangan bahan ajar pembelajaran membaca novel KD 3.9 kelas XII yang berbentuk modul ajar sebagai pendamping buku paket.Kata Kunci : novel, nilai pendidikan, bahan ajar

Keywords


novel, nilai pendidikan, bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Aziz, Anwar. (2012). Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Bastari, Almira. (2022). Home Sweet Loan. Jakarta : P.T. Gramedia Pustaka Utama.

Harianto, Erwin. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Didaktika, (online). 9(1), 1-8.

Muhammad. (2016). Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: AR-RUZ MEDIA.

Nazir. Moh.2014, Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gajah Mada Universitas Press.

Permendikbud No. 37 tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pembelajaran Kurikulum 2013.

Sukardi. (1997). Pendidikan Budi Pekerti dalam Dongengan Sulawesi Selatan. Jakarta:Depdikbud

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Jakarta :Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.