Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Smartphone Berbasis Android (Pengembangan Bahan Ajar Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini)

Zamilah Marianti, H. R Herdiana, Sri Mulyani

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Smartphone Berbasis Android” (Pengembangan Bahan Ajar Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini)”. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan bagaimana  karakteristik pemerolehan bahasa oleh anak usia 4-6 tahun melalui smartphone berbasis android di PAUD Darul-Huda, 2) mendeskripsikan bagaimana implikasi pengembangan bahan ajar pemerolehan bahasa untuk anak usia 4-6 tahun terhadap kemampuan berbahasa ekspresif  (mengungkapkan bahasa secara verbal dan nonverbal) anak usia dini di PAUD Darul Huda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Tuturan anak usia 4-6 di PAUD Darul Huda digunakan sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik rekam dan catat. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan dan mencatat data hasil dari perekaman tuturan yang diucapkan oleh responden yang didapatkan melalui smartphone android yang mengacu pada teori behaviorisme (B.F Skinner), teori nativisme (Noam Chomsky) dan teori kognitifisme (Jean Piaget). Peneliti menggunakan langkah-langkah metoe analisis data kualitatif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemerolehan bahasa melalui smartphone android (pengembangan bahan ajar pembelajaran bahasa anak usia dini) dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain kematangan usia, penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari, pendidikan orang tua, pekerjaan orang tua, dan lingkungan sosial responden. Temuan penelitian mengungkapkan kata-kata yang dipelajari responden dari Smartphone Android, termasuk istilah untuk game, aplikasi pencarian dan media sosial, fitur yang ditawarkan oleh Android, nama sinetron favorit mereka yang ditonton di ponsel Android, dan istilah dari aplikasi pendidikan. Terdapat kata yang belum sempurna dan sudah sempurna diucapkan oleh responden yang didapatkan melalui smartphone android.

Keywords


Bahasa, Pemerolehan Bahasa, Smartphone Android

Full Text:

PDF

References


Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar pemahaman bahasa manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Jekawati, H. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4–5 Tahun Melalui Smartphone Berbasis Android. Jurnal Idiomatik, 3(2), 88-95.

Laila. L, (2013, April 14). Pemerolehan Bahasa Pertama: https://laillail.blogspot.com/2013/04/pengertian-pemerolehan-bahasa-pertama.html Diakses pada 3 januari 2023 Pukul 16.38 WIB.

Muslich, Masnur. 2017. Fonologi bahasa Indoensia : tinjauan dekriptif bunyi bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, S., & Asrindah, A. (2021). Analisis pemerolehan bahasa (Language Acquisition) Pada anak usia dini rentang usia 4-5 tahun di PAUD Insani Kota Medan. BAHAS, 32(4), 286-297.

Saifudin, A. (2019). Teori tindak tutur dalam studi linguistik pragmatik. Lite: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 15(1), 1-16

Sughanda, M, 2015. Pemerolehan bahasa anak usia lima tahun pada tataran fonetik kajian psikolinguistik. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.

Sugiono, 2018. Metode penelitian kuantitatif, kulaitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.

Tartila, A. (2020). Pengaruh Gawai terhadap Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 4 Tahun dengan Analisis Sintaksis. SeBaSa:Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (1), 49-55.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.