MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)PADA KELAS X DPIB 1 DI SMK NEGERI 2 CIAMIS

Ari Hariyanti

Abstract


Penelitian ini berjudul “MENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL (PBL) PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS X DPIB 1 DI SMK NEGERI 2 CIAMIS”.  Latar belakang rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah langkah-langkah model PBL (Problem Based  Learning)dalam pembelajaran menulis teks prosedur  pada siswa kelas X DPIB 1 SMK Negeri 2 Ciamis 2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur setelah digunakan model PBL (Problem Based Learning)  pada siswakelas X DPIB1 SMK Negeri 2 Ciamis ? Metode yang digunakan dalampenelitianiniadalahmetodedeskriptif, teknik dan instrumenpengumpulandatanyameliputiteknikobservasi, teknikpembelajaran, dan teknik test. Data yang telahterkumpulkemudiandianalisis dan hasilnyadideskripsikan. Setelah    dilakukanpenelitianmakadiperolehsimpulansebagaiberikut : (1) Langkah-langkahpenggunaan model Problem Based Learning (PBL)dalampembelajaranmenulisteksproseduradalahsebagaiberikut (Mengamati) (a) Guru menugasisiswauntukmembacaTeks Prosedur(b) Siswamembacateksprosedur; (Menanya) (a) Guru menugasisiswauntukmengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks prosedur kompleks (b) Siswamengidentifikasi informasi yang terdapat pada teks prosedur komples (c) Guru menugasisiswamenganalisispernyataan umum yang terdapat pada teks prosedur (d) Siswamenganalisispernyataan umum yang terdapat pada teks prosedur kompleks (e) Guru menugasisiswauntukmenganalisistahapan-tahapan yang terdapat pada teks prosedur (f) Guru mengawasisiswasaat proses pembelajara; (Mengumpulkaninformasi); (a) Siswaberdiskusimengenai informasi yang terdapat pada teks prosedur (b) Siswaberdiskusimengenaipernyataan umum yang terdapat pada teks prosedur; (Menalar) (a) Siswamengemukakanhasildiskusiataupemahamanmengenaiinformasi, pernyataan umum serta tahapan-tahan yang terdapat pada teks prosedur kompleks; (b) Siswamengemukakanpemahaman yang diperolehmengenaiinformasi, pernyataan umum (Mengkomunikasikan); (a) Siswamenyampaikanhasildiskusitentangmengenaiinformasi, pernyataan umum serta tahapan-tahan yang terdapat pada teks prosedur kompleks; (b) Guru dan siswamengapresiasihasilkerjasiswabaikmelaluilisanmaupuntulisandapatdilihatdari 1) Menentukantema yang akandijadikanbahanmenulisteksprosedur; 2) Menulisteksprosedurdenganmemerhatikanstruktur dan kebahasaansesuaidenganbidangpekerjannya. Hal inidapatdilihatdarimeningkatnyaperolehannilaisiswa  pada siklus I  dengan rata-rata adalah 66,94 , sedangkan  pada siklus II adalah 83,89. Selisihperolehannilai pada siklus I dan siklus II adalah 16,5. Pencapaiankemampuan pada siklus II mengalamipeningkatandibandingkandengansiklus I.

Full Text:

PDF

References


Alan, B. S. (2011). Humor KeseharianKini. Jakarta: Utama Pena Ofset.

Arikunto, Suharsimi,2013.Prosedur PenelitianSuatuPendekatanPraktek. Jakarta: RinekaCipta

Carolina, A. (2010) PenggunaanMetode Creative Problem Solving (CPS) untukMeningkatkanPembelajaranMenulisKaranganArgumentasiPenelitianTindakan Kelas terhadapSiswa Kelas X MAN 1 Kota Bandung Tahun 2009-2010).Skripsi.UniversitasPendidikan Indonesia.

Danandjaja, J. (1984) Foklor Indonesia IlmuGosip dan Dongeng.Jakarta: Graffiti Press.

Eggen, P dan Kauchak.(2012) Strategidan Model PembelajaranMengejarKonten dan KeterampilanBerfikir. Jakarta: Indeks.

Fatimah, N. (2010) TeksprosedursebagaiSaranaPengembanganKompetensiBahasadanKarakterSiswa.

Harsiati, T. Trianto, A. &Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII EdisiRevisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kemdikbud, (2013) Bahasa Indonesia: EkspresiDiri dan Akademik Kelas X. Jakarta: Kemdikbud.

Kunandar.(2008) LangkahMudahPenelitianTindakan Kelas sebagaiPengembanganProfesi Guru. Jakarta: PT. RajagrafindoPersada.

Kunandar.(2013) PenilaianAutentik (Penilaian Hasil BelajarPesertaDidikBerdasarkanKurikulum 2013). SuatuPendekatanPraktis. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada Kurniawan,

Khaerudin. (2012) Belajar dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: CV. Bangkit Citra Persada.

Maryanto, dkk.(2013). Bahasa Indonesia EkspresiDiri dan Akademik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maryanto, dkk. 2014. Bahasa Indonesia EkspresiDiri dan Akademik/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan SMA/MA/SMK/MAK EdisiRevisi 2014. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyasa.(2012) PraktikPenelitianTindakan Kelas. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Mulyati, Y. (2010) Pengembangan Model PembelajaranLiterasiBerbasisPemecahanMasalahuntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisKreatif (StudiPengeambanganterhadapMahasiswa Mata KuliaUmum Bahasa Indonesia di Universitas Pendidikan Indonesia). Disertasi. SekolahPascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Tarigan,Henry Guntur. 2008.Menulis.Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v4i1.3285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.