NILAI SOSIAL DALAM NOVEL JANJI KARYA TERE LIYE PENGEMBBANGAN BAHAN AJAR MENAFSIR PANDANGAN PENGARANG NOVEL

Dinda Nurfarida, Sirojul Munir, Heryanto Gunawan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan penyediaan bahan ajar sastra yang kurang relevan khususnya pada pembelajaran kd 3.8 menafsir pandangan pengarang dalam novel kelas XI di SMA, sehingga pendidik dituntut memilih bahan ajar yang sesuai dengan kriteria bahan ajar sastra dan dituntut pula untuk memilih bahan ajar yang relevan sesuai dengan perkembangan peserta didik. Berdasarkan hal tersebut perlu pengkajian agar bertambah sumber bahan ajar sastra yang relevan berupa novel yang sesuai dengan perkembangan peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendekripsikan model bahan ajar yang berkaitan dengan nilai sosial yang terkandung dalam novel janji karya tere liye. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Nilai sosial merupakan perilaku sosial dan tata cara hidup sosial yang berupa sikap seseorang seseorang yang terjadi disekitar yang berhubungan dengan orang lain, cara berfikir, dan hubungan sosial bermasyarakat. Nilai sosial banyak tertuang dalam karya tertulis yaitu novel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, sesuai dengan teori Zubaedi (2012:27). Maka disimpulkan nilai sosial dalam novel Janji karya Tere Liye terdapat 3 aspek yaitu nilai kasih sayang, nilai tanggung jawab dan nilai keserasian hidup.

Keywords


Novel, Nilai Sosial, Model Bahan Ajar.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Membaca Berbasi Pendidikan Karakter. Edisi 2. Bandung: PT Retika Aditama.

Abrams. (2010). Latar. In B. Nurgiyantoro, Teori Pengkajian Fiksi (p. 216). Yogyakarta: Gadjah Mada University Prees.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Edisi 1. Nobel

Edumedia

Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Liye, T. (2021). Janji. Depok: PT Sabak.

Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.

Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Stanton, R. (2007). Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Rahmanto. (2004). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Zubaedi. (2012). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.