GAYA BAHASA CERAMAH USTAZ ADI HIDAYAT DALAM CHANNEL YOUTUBE

Muhammad Robany Ridwanulloh, Hendaryan Hendaryan, Asep Hidayatullah

Abstract


Ustaz Adi Hidayat adalah seorang penceramah sekaligus ustaz yang terkenal di Indonesia karena dengan kepiawaian beliau menyampaikan untuk memberikan informasi tentang islam. pemasalahan yang terjadi saat ini sebagian besar siswa kurang bisanya menulis teks ceramah sesuai dengan kaidah kebahasaan karena kurangnya mendengar atau meliterasi ceramah baik dalam bentuk tulisan atau video. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, maka dapat dikonfirmasi Ustaz Adi Hidayat sejalan dengan teori menggunakan berbagai macam variasi gaya bahasa, namun yang paling dominan adalah gaya bahasa resmi dan tak resmi ini menandakan bahwa dalam menyampaikan ceramah, Ustaz Adi Hidayat sangat memperhatikan bahasa yang digunakan dan beliau menggunakan bahasa baku kemudian divariasikan dengan bahasa tidak baku sehingga pendengar dari berbagai kalangan mudah dalam memahami pesan Ceramah yang disampaikan. Ustaz Adi Hidayat dikonfirmasi menggunakan berbagai macam gaya bahasa, namun yang paling dominan adalah gaya bahasa resmi dan tak resmi ini menandakan bahwa dalam menyampaikan ceramah. Kemudian di sesuaikan dengan prinsip bahan ajar meliputi prinsip relevansi, prinsip konsistensi, dan prinsip kecukupan. Peneliti telah mengkonfirmasi bahwa bahan ajar yang terdapat dalam penelitian ini sesuai untuk dijadikan model bahan ajar karena telah sesuai dengan prinsip-prinsip bahan ajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Alhanin, Aisyatul Lu'ayli. 2020. Skripsi. Gaya bahasa dakwah Ustaz Adi Hidayat Serial Salam Ramadhan 1440 H manfaat berbagi di Bulan Ramadhan di Trans Tv Official. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Andriani, Vivian Pratiwi. 2018. Skripsi. "Analisis Diksi dan Gaya Bahasa Ceramah Ustad Abdul Somad di Masjid Al-Jihad Medan.".

Abrams, M.H. 1999. A Glossary of Literary Terms.London Oxford. University Press.

Chaer, A. (2003a). Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chaer, A. (2012b). Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dewi, Fitriana Utami. 2013. Public Speaking Kunci Sukses Bicara Di Depan Publik Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik: Edisi Ketiga. Cet. ke-5. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Iswandi Syahputra, Jurnalistik Infotainment: Kancah Baru Jurnalistik dalam Industri Televisi, Yogyakarta: Pilar Media, 2006.

Keraf, Gorys. 1996. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kosasih. E (2020) Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nasrullah, Rulli. 2014. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogjakarta: BPFE.

Puspidalia, Y. S. (2015) ‘Bentuk, Fungsi, dan Makna Kias dalam Judul Berita Majalah Gatra dan Pemanfaatannya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di PGMI STAIN Ponorogo.

Puntoadi, Danis (2011) Meningkatkan penjualan melalui media sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Prastowo, A. 2016. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press

Rahmat, Jalaludin. 1999. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017a) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019b) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.