KESANTUNAN BERBAHASA DALAM TUTURAN IMPERATIF GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON

Iin Indrayani, R Hendaryan, Sri Mulyani

Abstract


Bahasa memiliki peran penting dalam manusia berkomunikasi dan berinteraksi guna menyampaikan informasi, dalam komunikasi kesantunan berbahasa merupakan bagian terpenting dalam membangun karakter atau sikap sseseorang, kita juga dapat mengentahui sikap bahkan kepribadian seseorang tersebut. Penelitian ini berjudul Kesantunan Berbahasa dalam Tuturan Imperatif Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Ciwaringin Kabupaten Cirebon. yang dilatar belakangi oleh hilangnya norma-norma dan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi di lingkungan sekolah yang dapat berpengaruh terhadap bentuk interaksi para siswa di sekolah, serta kurangnya bahan ajar yang bervariatif pada pembelajaran teks ceramah. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa dalam tuturan imperatif guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Guru dan sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk dan menciptakan kesantunan berbahasa terhadap siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, artinya data dalam penelitian ini diambil dari tuturan guru Bahasa Indonesia pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu teknik rekam, teknik catat, dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa telah mematuhi prinsip kesantunan berbahasa.

Keywords


Kesantunan Berbahasa, Tuturan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penulisan (Suatu Pendekatan Praktik). Ed Rev. IV. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariska, I. (2018). Analisis Kesantunan Berbahasa Imperatif dalam Interaksi Belajar Mengajar pada Kelas XI SMA Negeri 11 Makassar (Doctoral dissertation, FBS).

Chaer, A. (2010). Kesantuanan Berbahasa . Jakarta: Rineka Cipta

Hastuti, E. (2018). Analisis Kesantunan Berbahasa Berdasarkan Jarak Sosial dalam Interaksi Pembelajaran Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 15 Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

Anggraini, N., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Kelas X MAN 1 Model Kota Bengkulu. Jurnal ilmiah korpus, 3(1), 42-54.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i2.11202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.